GROWTH, 081398646177, MANAJEMEN OPERASIONAL, TANGERANG, TANGERANG SELATAN, KONSULTAN, KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN

MANAJEMEN OPERASIONAL

MANAJEMEN OPERASIONAL

Semangat dalam situasi bisnis dan perekonomian saat ini sangat diperlukan terutama terus meningkatkan perbaikan disemua aspek terutama untuk perbaikan manajemen operasional.
Adanya wabah dari virus Corona yang berdampak pada penutupan beberapa tempat usaha dan juga bisnis, menyebabkan para pebisnis mulai goyah dan ragu. Seperti halnya yang terjadi di Tangerang, Ada 9 tempat rekreasi ditutup untuk mengurangi penyebaran virus corona.
Sejumlah tempat wisata seperti Scientia Square Park dalam akun instagramnya mengumumkan penutupan sementara mulai hari ini, Senin (16/3/2020). “Kami tutup sementara pada 16-30 Maret 2020. Ayo tingkatkan kepedulian untuk kesehatan bersama,” tulis @scientiasquare.park. Tak hanya itu, Oceanpark BSD juga tutup sementara untuk umum mulai Senin (16/3/2020). Penutupan dilakukan selama dua pekan ke depan. “Sehubungan dengan antisipasi merebaknya covid-19 atau virus corona terhitung 14 hari ke depan, mulai tanggal 16 Maret 2020 Oceanpark tutup sementara untuk umum,” tulis @oceanparkbsd.

Sebelumnya, rapat bersama telah dihadiri Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah dan Bupati Tangerang.
Baca juga: https://regional.kompas.com/read/2020/03/15/18082971/banten-dan-tangerang-resmi-tetapkan-status-klb-virus-corona
“Sudah menyepakati KLB di Banten, terutama di wilayah Tangerang Raya,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Minggu seperti dikutip berita Kompas.com. Keputusan rapat juga menghasilkan penutupan sementara semua aktivitas pendidikan di semua sekolah. Penghentian aktivitas di sekolah tersebut akan berlangsung selama dua pekan ke depan.

Berikut rangkuman 9 daftar tempat wisata di Tangerang Raya yang ditutup karena mencegah penyebaran virus corona:

MANAJEMEN OPERASIONAL

MANAJEMEN OPERASIONAL

1. Scientia Square Park
Tempat wisata dan rekreasi keluarga yang beralamat di Jalan Scientia Boulevard Gading Serpong, Tangerang ini ditutup sementara mulai Senin (16/3/2020). Penutupan dilakukan hingga 30 Maret 2020. Melalui akun instagramnya @scientiasquare.park menuliskan penutupan dikarenakan penetapan status pandemi virus corona oleh WHO dan surat himbauan antisipasi penyebaran corona dari Bupati Tangerang Nomor 443.2/1015-Bag.Um/III/2020. Penutupan juga berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Banten Nomor 443/Kep. 114-Huk/220 tanggal 14 Maret 2020. Sebelumnya, Scientia Square Park beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Adapun tiket masuknya untuk hari biasa Rp 25.000 dan akhir pekan Rp 50.000.

2. Ocean Park BSD
Juga menutup kunjungan umum mulai hari Senin (16/3/2020). Adapun penutupan terhitung hingga dua pekan ke depan. Taman bermain air ini menjelaskan penutupan guna mendukung pencegahan penyebaran virus corona. Hal tersebut tertulis dalam akun instagramnya @oceanparkbsd. Pihak Ocean Park BSD akan memberikan informasi selanjutnya terkait penutupan ini.
Sebelum ditutup, taman wisata air ini buka setiap harinya mulai pukul 11.00 hingga 18.00, namun pada akhir pekan akan buka pukul 08.00 hingga 18.00. Tiket masuk Ocean Park yaitu Rp 60.000 hari biasa, dan Rp 100.000 untuk Sabtu dan Minggu. Ocean Park BSD beralamat di Jalan Pahlawan Seribu CBD Area, BSD City, Tangerang.

3. Citra Raya World of Wonders
Tempat wisata yang beralamat di Jalan Citraraya Boulevard, Mekar Bakti, Tangerang ini juga menutup sementara untuk kunjungan umum mulai Senin (16/3/2020). Penutupan dilakukan hingga tanggal 30 Maret 2020. Penutupan ini dilakukan untuk antisipasi merebaknya virus corona. “Sehubungan dengan antisipasi dan merebaknya COVID-19 mulai 16 hingga 30 Maret 2020 World of Wonders Theme Park tutup sementara untuk umum,” tulis akun instagram @worldofwonders_id. Sebelumnya, tempat wisata ini buka setiap hari kecuali Jumat pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Sementara untuk akhir pekan buka pukul 09.00 hingga 18.00 WIB..

4. Citra Raya Water World
Masih di Citra Raya, Citra Raya Water World juga mengumumkan penutupan sementara untuk kunjungan umum terkait pencegahan penyebaran virus corona. Melalui akun instagramnya @citrarayawaterworld, tempat wisata ini mulai tutup hari Senin (16/3/2020). Penutupan dilakukan hingga 30 Maret 2020. “Selain tutup sementara kami pula melakukan pembersihan dan pemberian disinfektan terhadap seluruh wahana permainan dan seluruh area Citra Raya Water World serta area Citra Raya Sport Club, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19),” tulis @citrarayawaterworld. Sebelumnya, tempat wisata ini buka setiap harinya pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Adapun tiket masuk hari biasa Rp 45.000, dan akhir pekan Rp 50.000.

5. Aladin Aquaplay Karawaci
Tempat wisata kelima yang tutup di Tangerang adalah Aladin Aquaplay Karawaci. Tempat wisata yang beralamat di Jalan Raya Binong Sukabakti depan Perumahan Grand View Karawaci, Tangerang ini tutup mulai Senin (16/3/2020). Penutupan dilakukan hingga tanggal 30 Maret 2020 sesuai imbauan Bupati Tangerang untuk mengendalikan penyebaran virus corona. “Aladin Aquaplay tetap melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan anti virus, pengasapan fogging anti DBD Demam Berdarah Dengue,” tulis akun @aladin.aquaplay. Selain iu Aladin Aquaplay juga menyediakan antiseptik hand sanitizer.
Setiap hari tempat wisata ini mengklaim air kolam dijernihkan dengan filter dan larutan Clorin sesuai kadar PH sehingga air bebas bakteri dan virus. Selain itu, diadakan pengecekan kesehatan dengan alat non contact thermometer di mana setiap orang akan dicek suhu tubuhnya. Sebelumnya tempat wisata ini buka setiap hari pukul 07.30 hingga 18.00 WIB. Harga tiket masuknya pada hari biasa Rp 20.000, dan Rp 35.000 untuk akhir pekan.

6. BSD Xtreme Park
Salah satu tempat wisata ekstrim di Tangerang yaitu BSD Xtreme Park juga ditutup untuk umum mulai hari Senin (16/3/2020) hingga dua pekan ke depan. Hal ini dilakukan guna mendukung pencegahan penyebaran virus corona di Tangerang. Pengumuman tersebut dikeluarkan melalui akun instagramnya @bsdxtremepark. Sebelumnya, tempat wisata ini buka setiap hari pukul 15.00 hingga 20.00 WIB. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu buka pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. BSD Xtreme Park berada di Jalan Damai Foresta, BSD City, Tangerang.

7. Outbound BSD Xtreme Park
Tak hanya BSD Xtreme Park, Outbound BSD Xtreme Park juga menutup kunjungan untuk umum mulai hari ini, Senin (16/3/2020) hingga 14 hari ke depan. Penutupan ini juga untuk mencegah penyebaran virus corona di Tangerang. Tempat wisata yang biasa dikunjungi anak-anak ini berada di Jalan Damai Foresta, Tangerang.

8. Taman Tematik
Seluruh taman kota tematik di Kota Tangerang juga ditutup untuk umum mulai Minggu (15/3/2020). Penutupan akan berlangsung hingga 30 Maret 2020. Selama taman tematik ditutup sementara akan ada pembersihan dan sterilisasi dari bidang pertamanan dan dekorasi kota Tangerang.

9. Branchsto Equestrian Park
Tempat wisata keluarga sekaligus tempat berlatih menunggang kuda di Tangerang ini juga tutup sementara mulai Senin (16/3/2020). Penutupan dilakukan hingga tanggal 30 Maret 2020. Hal ini dilakukan guna mendukung pencegahan penyebaran virus corona di Tangerang. Branchsto menutup semua operasional wahana dan restoran.
Sebelumnya, Branchsto membuka waktu operasionalnya pukul 09.00 hingga 17.30 WIB. Salah satu yang menarik dari tempat wisata ini adalah adanya paket Pony Club untuk anak-anak menunggang kuda. Branchsto berada di kawasan BSD City, Jalan BSD Raya Barat, Pagedangan, Kecamatan Serpong, Tangerang. Sementara itu, beberapa tempat wisata lainnya di Tangerang seperti Motomoto Resto and Museum, dan Batavia Splash Water Adventure masih belum dapat dikontak hingga kini.

Penutupan beberapa tempat wisata pastinya akan berdampak sangat pada sektor perekonomian terutama di daerah Tangerang Selatan. Daerah terdampak yang meluas semua wilayah Tangerang. Akan tetapi para pebisnis tak perlu goyah hadapi semua dampak tersebut. Kami akan membantu anda sebagai Konsultan Bisnis Dan Manajemen. Banyak strategi yang dibutuhkan untuk menghadapi dampak tersebut.
Langkah awal yang bisa diambil adalah perbaikan di sektor manajemen operasional . Dengan ini kami akan sedikit menjabarkan tentang Manajemen Operasional.

GROWTH, 081398646177, MANAJEMEN OPERASIONAL, TANGERANG, TANGERANG SELATAN, KONSULTAN, KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN

MANAJEMEN OPERASIONAL

MANAJEMEN OPERASIONAL

Pengertian Manajemen Operasional

Manajemen Operasional secara umum adalah sebuah usaha pengelolaan secara maksimal dalam hal penggunaan berbagai faktor produksi, mulai dari suatu sumber daya manusia (SDM), mesin, peralatan (tools), bahan mentah (raw material), dan faktor produksi lainnya dalam suatu proses mengubahnya menjadi beragam produk barang atau jasa.
Manajemen Operasional ini menjadi hal penting dalam organisasi atau bisnis. Dan tugasnya pun tergantung pada ukuran suatu perusahaan. Pengelolaan manajemen operasional ini dimulai dari SDM, peralatan, mesin, raw material serta hal lainnya yang dapat memberi pengaruh pada kinerja perusahaan.
Manajemen Operasional secara umum dapat memegang peranan soal isu strategis dalam menentukan rencana produksi (manufacturing) juga metode manajemen suatu proyek serta implementasi struktur jaringan teknologi informasi. Di sisi lain, mereka juga melakukan beberapa hal penting seperti berikut ini :
• Mengatur skala inventaris
• Mengatur level proses level pengerjaan
• Meng-organise Akuisisi bahan baku
• Mengontrol kualitas
• Meng-handle material
• Menjaga dan merawat kebijakan
Manajemen Operasional ini juga harus mempelajari bahan baku yang digunakan untuk produksi dan menjamin tidak ada kelebihan yang sia-sia. Mereka ini memiliki formula pemesanan jumlah bahan yang dibutuhkan sehinga sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Manajemen Operasional Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang ilmu manajemen menjelaskan tentang definisi Manajemen Operasional, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Eddy Herjanto (2003;2)
Manajemen Operasional adalah suatu proses yang saling berkesinambungan dan efektif dalam menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan.
2. Jay Heizer dan Barry Render (2005;4)
Manajemen Operasional adalah serangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.
3. Pangestu Subagyo (2000;1)
Manajemen Operasional adalah suatu penerapan ilmu manajemen untuk mengatur seluruh kegiatan produksi atau operasional agar dapat dilakukan secara efisien.
4. William J. Stevenson (2009:4)
Manajemen Operasional adalah suatu sistem manajemen atau serangkaian proses dalam pembuatan produk atau penyediaan jasa.
5. Menurut Richard L. Daft (2006:216)
Manajemen Operasional adalah suatu bidang manajemen yang fokus pada produksi barang, serta menggunakan alat dan teknik khusus untuk memecahkan masalah produksi.
6. James Evans dan David Collier (2007:5)
Manajemen Operasional adalah suatu ilmu dan seni untuk memastikan bahwa barang dan jasa diciptakan dan berhasil dikirim ke pelanggan.
Ruang Lingkup Manajemen Operasional
Setelah mengetahui pengertian Manajemen Operasional, tentunya kita juga perlu mengetahui suatu ruang lingkupnya.

Ada beberapa aspek yang saling terkait dalam ruang lingkup manajemen operasional, diantaranya adalah :
1. Aspek Perencanaan Sistem Produksi
Aspek ini bertujuan agar suatu hasil produksi sesuai dengan harapan konsumen, mulai dari kualitas, harga, dan keuntungan.
2. Aspek Pengendalian Produksi
Ini adalah suatu aspek yang berhubungan dengan pengendalian rencana yang telah dibuat agar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Dengan begitu, tujuan yang telah direncanakan bisa akan tercapai dengan baik dan hasilnya optimal.
3. Aspek Sistem Informasi Produksi
Ini adalah suatu aspek dimana informasi yang ada harus diterima dengan baik dan dioleh secara tepat agar suatu kegiatan produksi bisa berlangsung dengan efektif dan efisien.
Sistem informasi ini dapat dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya informasi internal, informasi pelanggan, dan informasi pasar.
4. Aspek Lingkungan
Aspek lingkungan ini berperan dalam memperhatikan kecenderungan dan perkembangan yang terjadi pada suatu lingkungan. Dengan begitu, suatu tindakan yang diambil dapat memberikan manfaat dalam peningkatan produksi.

Peran Manajer Operasional

Kalau disesuaikan dengan pengertian suatu Manajemen Operasional, seorang manajer harus benar-benar paham keseluruhan proses yang ada di dalam suatu perusahaan.
Mereka dilibatkan soal pengkoordinasian suatu proses beserta pengembangan terbarunya sambil mengevaluasi kembali strukturnya.
Dalam hal ini, suatu organisasi dan produktifitas menjadi hal yang paling dibutuhkan ketika menjadi seorang Manajer Operasional. Ia juga harus bisa berada di posisi yang sangat fleksibel.

Manajer Operasional memiliki tugas pokok dalam proses produksi, diantaranya adalah :
1. Membuat suatu perencanaan kuantitas dan kualitas bahan baku dalam proses produksi.
2. Membuat suatu rencana lokasi gudang persediaan dan peralatan mesin yang efisien untuk menghemat waktu dan mobilisasi.
3. Merencanakan letak layout pada pabrik.
4. Bertanggungjawab atas suatu pemeliharaan peralatan pabrik untuk menjamin keandalan dan keberlangsungan operasional
5. Membuat suatu strategi produk yang berkualitas sehingga bisa bersaing dengan kompetitor
6. Membuat suatu jadwal kerja yang efektif dan efisien dengan mengevaluasi biaya tenaga kerja
7. Manajer operasional bertanggungjawab atas keberlangsungan suatu hasil produksi, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas

Jenis Keputusan Dalam Manajemen Operasional
1. Proses yakni manajer harus menentukan fasilitas yang dipakai dan proses fisik
2. Kapasitas yaitu manajer menentukan jumlah dan estimasi waktunya
3. Persediaan adalah seorang manajer harus memutuskan apa saja yang dibutuhkan dan menentukan seperti apa kualitas dan kualitasnya. Juga kapan barang baku dipesan.
4. Tenaga merupakan manajer terlibat dalam rekruitmen, PHK dan penggajiannya. Ia juga harus bisa melakukan supervisi, kompensasi promosi dan penggunaan tenaga profesional.
5. Kualitas ialah manajemen menentukan standard, desain peralatan, pengawasan produk dan sebagainya.

Fungsi Manajemen Operasional
Pada umumnya ada empat macam fungsi Manajemen Operasional, diantaranya adalah :

• Fungsi Perencanaan
Dalam perencanaan, menajer operasi untuk bisa menentukan suatu tujuan subsistem operasi dari suatu organisasi dan mengembangkan sebuah program, kebijakan dan suatu prosedur yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan itu.
Dalam tahap ini mancakup sebuah penentuan peranan dan focus dari operasi, termasuk dalam suatu perencanaan produk, perencanaan fasilitas dan perencanaan penggunaan sumber daya produksi.

• Fungsi Pengorganisasian
Dalam pengorganisasian, menajer oprasi ini menentukan sebuah struktur individu, grup, seksi, bagian, divisi atau departemen dalam suatu subsistem operasi untuk dapat mencapai suatu tujuan organisasi.
Manajer operasi juga dalam menentukan suatu kebutuhan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan operasi serta untuk mengatur wewenang dan tanggung jawab yang diperlukan dalam melaksanakannya.

• Fungsi Penggerakan
Menajemen operasional ini memiliki fungsi yang dilaksanakan dengan dasar memimpin, mengawasi dan memotivasi karyawan untuk melaksanakan tugas.

• Fungsi Pengendalian
Manajemen Operasional ini mempunyai fungsi untuk mengembangkan sebuah estandar dan jaringan komunikasi yang diperlukan agar sebuah pengorganisasian dan penggerakan sesuai dengan yang direncanakan dan mencapai tujuan.

Tujuan Manajemen Operasional
Adapun tujuan Manajemen Operasional yang diantaranya yaitu:
• Efficiency yaitu meningkatkan efisiensi untuk meningkatkan efisiensi dalam perusahaan.
• Productivity yaitu meningkatkan efektivitas untuk meningkatkan efektivitas dalam perusahaan.
• Economy yakni mengurangi biaya untuk mengurangi biaya dalam kegiatan perusahaan.
• Quality yakni meningkatkan kualitas untuk meningkatkan kualitas didalam perusahaan.
• Reduced Processing Time adalah mengurangi waktu proses produksi untuk mengurangi waktu proses produksi didalam sebuah perusahaan.

Ciri – Ciri Manajemen Operasional
Karakteristik Manajemen Operasional menurut Zulian Yamit (2003) yaitu :
• Memiliki sebuah tujuan yaitu untuk menghasilkan suatu barang dan jasa.
• Memiliki sebuah kegiatan yaitu dalam suatu kegiatan proses transformasi.
• Adanya suatu mekanisme yang dapat mengendalikan suatu pengoperasian.

Hubungan Manajemen operasional dengan “Supply Chain”
Supply chain dapat diartikan dengan logistik. Bidang ini berhubungan dengan suatu proses produksi dan distribusi barang.
Dalam hal ini, “supply chain” dapat mengatur distribusi barang ke suplier, manufaktur dan retailer sehingga sampai ke tangan konsumen. Intinya “supply chain” ini selalu berhubungan langsung dengan suatu produk jadi serta mengirim hal-hal yang berhubungan dengan suatu perusahaan seperti barang yang dibutuhkan di perusahaan.
Manajemen Operasional ini sangat erat kaitannya dengan “supply chain” atau SCM (supply chain management). Mereka juga harus paham tren global dan lokal, memahami permintaan konsumen dan kapasitas bahan produksi.

Bertanggung Jawab dalam Pengiriman Hasil Produksi
Porsi besar yang harus menjadi suatu tanggung jawab manajemen ini adalah menjadi penyalur utama atau pendistribusi hasil produksi ke konsumen. Mereka juga harus memastikan produk sampai dalam jangka waktu tertentu.
Di samping itu, department ini akan melakukan suatu kontrol kualitas langsung ke konsumen apakah sudah layak dan memenuhi kebutuhan mereka.
Mereka nantinya akan bisa menerima feedback langsung dari konsumen dan mendistribusikan informasi ini sebagai suatu proses pengembangan.
Sekilas, manajemen ini terbatas pada suatu produk fisik saja. Tentu nanti akan dibuat bingung dengan dua hal ini ketika sebuah organisasi atau perusahaan selalu ada dua macam yaitu produksi barang yang bisa disimpan dan jasa.
Di sini ada dua perbedaan yang mencolok. Ketika ini tentang suatu produksi barang fisik, konsumen tidak terlibat kontak secara langsung dan mereka dipisahkan oleh suatu proses pengiriman dan akhirnya mereka membeli produk langsung melalui reseller atau retailer-nya.
Namun, dalam hal servis, konsumen bisa juga terlibat langsung melihat proses servis-nya. Bisanya mereka berhubungan langsung dengan suatu aspek operasionalnya. Misalnya pada salon, bengkel dan sejenisnya. Sehingga untuk operational management khusus dalam bidang jasa atau service, manajemennya akan lebih ditekankan di bagian ini.

Contoh Kegiatan Manajemen operasional Disektor Barang Dan Jasa
Adapun contoh kegiatan Manajemen Operasional disektor barang dan jasa yang diantaranya yaitu sebagai berikut :
• Produk Barang
Manufaktur, pertanian, perkebunan, perikanan, berbagai pabrik pembuatan suatu produk barang, pertambangan, industri berat maupun ringan, konstruksi, otomotif, perumahan.
• Produk Jasa
Jasa professional, pendidikan, hukum, kesehatan, perdagangan, layanan masyarakat, transportasi, perbankan, asuransi, dan hiburan, administrasi, real estate, serta jasa perbaikan.

GROWTH, 081398646177, MANAJEMEN OPERASIONAL, TANGERANG, TANGERANG SELATAN, KONSULTAN, KONSULTAN BISNIS DAN MANAJEMEN

Dengan adanya kerjasama dengan kami untuk tenaga ahli dalam Konsultan Bisnis dan Manajemen, maka kami akan menangani perbaikan semua aspek sesuai permintaan dari customer.
Berikut pertimbangan untuk para pebisnis mengapa harus menyewa Konsultan Bisnis dan Manajemen :
Definisi konsultasi menunjukkan bahwa klien menyewa Konsultan karena keuntungan pengetahuan mereka. Pada sebagian terlalu besar kasus ini adalah alasan utama klien menyewa sebuah perusahaan Konsultan untuk memberikan saran ahli yang pada akhirnya (harus) menyebabkan resolusi masalah dalam organisasi klien.

Namun ada lebih banyak alasan mengapa konsultan disewa:
1. Konsultan independen dan memberikan pandangan obyektif tentang dilema dan solusi
2. Konsultan ekternal yang lebih tidak rentan terhadap politik internal dan situasi sensitif
3. Konsultan perekrutan mungkin di daerah tertentu lebih murah dari pada mempertahankan keahlian dari dalam perusahaan
4. Ketika perusahaan menemukan diri mereka kekurangan dalam kapasitas untuk proyek proyek atau posisi maka konsultan dapat mengisi kekosongan tersebut
5. Konsultan dapat lebih mudah melalukan “dirty work”, yaitu mengambil keputusan di mana tidak ada internal ingin membuat

Baca Juga Artikel kami :

https://konsultanmanajemen.asia/konsultan-bisnis-jakarta/ ,

https://konsultanmanajemen.asia/dampak-virus-corona-hantui-para-pebisnis-indonesia/ ,

https://konsultanbisnis.id/virus-corona-goyang-perekonomian-dunia/ ,

https://konsultanbisnis.id/3-strategi-mengatasi-penurunan-daya-beli-masyarakat-konsultan-bisnis-manajemen/

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen
CONTACT PERSON :

REKO PRABOWO 081398646177