bunga utang negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah dan Bank Indonesia akan berbagi beban (burden sharing) dalam memenuhi pembiayaan negara Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Lantas pemikiran kita tentang hutang negara, siapakah yang akan mennaggung beban bunga utang negara

Bank sentral nantinya akan menanggung 100 persen bunga atas pembiayaan utang untuk kegiatan publik (public goods) yang berkaitan dengan penanganan dalam kondisi pandemi virus corona.

“Hal-hal yang sifatnya untuk public goods akan dilakukan burden sharing. Ini untuk bidang kesehatan, perlindungan sosial, dan dukungan untuk sektoral serta pemerintah daerah (pemda). BI akan tanggung sampai 100 persen beban bunganya,” ungkap Sri Mulyani.

Sri Mulyani menjabarkan pembiayaan utang untuk kegiatan publik sebesar Rp397,6 triliun. Dana itu terdiri dari sektor kesehatan sebesar Rp87,55 triliun, perlindungan sosial Rp203,9 triliun, dan sektoral kementerian/lembaga (k/l) serta pemda sebesar Rp106,11 triliun.

UTANG NEGARA, 081398646177, NEGARA INDONESIA, BUNGA UTANG NEGARA

 

Lihat juga:

Sri Mulyani Sebut Uang Negara di BI Capai Rp400 Triliun

Sementara, ia bilang pemerintah akan menanggung sepenuhnya beban bunga untuk kegiatan non publik (non public goods). Hanya saja, BI memberikan diskon 1 persen dari suku bunga acuan BI-7 Days Reverse Repo Rate demi mengurangi beban pemerintah.

“Untuk non public goods kami mengunakan diskon 1 persen dari BI reverse repo rate, (bunga) non public goods ditanggung pemerintah,” terang dia.

Sri Mulyani menjelaskan non public goods di antaranya insentif untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp123,46 triliun, korporasi non UMKM Rp53,37 triliun, dan lainnya sebesar Rp329,03 triliun.

Secara total, beban pembiayaan utang pemerintah mencapai Rp903,46 triliun untuk penanganan pandemi virus corona.

Sri Mulyani menjelaskan beban bunga utang yang harus dibayar pemerintah bertambah sebesar Rp66,5 triliun per tahun. Angka itu dengan asumsi bunga sebesar 7,36 persen per tahun.

“Sesuai skema burden sharing BI menanggung Rp35,9 triliun atau 53,9 persen dari total beban bunga utang,” jelas Sri Mulyani.

bunga utang negara

bunga utang negara2

Sebagai informasi, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp695,2 triliun untuk penanganan pandemi virus corona. Dengan alokasi dana itu, kebutuhan pembiayaan utang pemerintah naik Rp903,46 triliun dari Rp741,84 triliun menjadi Rp1.645,3 triliun.

Lihat juga:

Strategi Bank BUMN Gunakan Celengan Pemerintah Rp30 T

UTANG NEGARA, 081398646177, NEGARA INDONESIA, BUNGA UTANG NEGARA

Sedang giat – giatnya pemerintah dengan usahanya menghadapi pandemi, saatnya juga kita bersiap diri dalam menghadapi era new normal ini.

Saatnya kita bangkit dan kembali bersemangat dalam memajukan usaha kita yang sempat terpuruk sekian lama. Tak ada salahnya menggunakan tenaga konsultan dalam usaha kita saat ini.

Alasan Kenapa Perusahaan membutuhkan jasa konsultan

Zaman now itu era millennial. Ciri terpenting zaman now adalah cepat dan mudah. Nah bisnis apa saja, kalau mau cepat dan mudah itu gak bisa sembarang.

Diperlukan sebuah informasi yang falid dan studi yang menyeluruh. Di era millennial saat ini, suka tidak suka, kehadiran konsultan sangat dibutuhkan di suatu perusahaan untuk membuat strategi yang jitu dalam memajukan bisnis perusahaan.

Lalu apa alasan kenapa perusahaan anda membutuhkan jasa konsultan agar lebih maju lagi kedepannya.

  1. Agar bisnis atau perusahaan anda tetap kompetitif dan mengikuti tren era millennial
  2. Mendapat nasehat dan rekomendasi berkualitas dari “pihak luar” , bukan hanya dari dalam perusahaan saja.
  3. Mendapatkan objektivitas ide dan sebuah solusi dalam melihat sebuah masalah.
  4. Tidak tersedianya waktu, sumber daya manusia, dan insfratruktur yang memadai untuk mencari solusi bisnis dalam perusahaan anda
  5. Dibutuhkannya ahli yang berpegalaman dalam memberikan solusi bisnis
  6. Biaya perusahaan yang “terbuang percuma” akibat proses internal perusahaan anda namun tidak mendapatkan solusi.
  7. Mendapatkan penyegaran ide dan strategi baru untuk menjadi “pemenang” di dalam pasar bisnis perusahaan anda

 

UTANG NEGARA, 081398646177, NEGARA INDONESIA, BUNGA UTANG NEGARA

 

KONSULTAN.CO! BUSINESS GROWTH EXPERT.

 

Baca Juga artikel kami :

Frozen Food. Bisnis Menjanjikan Saat Pandemi COVID-19

4 Tips Penting Analisis Pasar Agar Bisnis Anda Berkembang 

Manajemen yang baik dalam Bisnis

 

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

Contact Person : REKO PRABOWO : 081398646177