Bisnismu Nyaris Bangkrut! Atasi Dengan 5 Tips Jitu Ini

Mau Tau Apa Saja Tipsnya? Intip Yuk Sekarang!

Bisnismu bangkrut? Yap, ketika kamu memutuskan untuk memulai berbisnis, maka kamu harus menyadari bahwa mengelola usaha adalah perjalanan panjang yang penuh dengan risiko dan tantangan. Mungkin kamu ngerasa bahwa menjadi seorang pengusaha itu sangat enak dan nikmat. Ya, tentu saja kamu akan menikmati penjualan yang lancar dengan profit yang begitu besar. Namun, hal itu tidak bisa selamanya terjadi, ada kalanya bisnismu mengalami keterpurukan atau mungkin mengalami kebangkrutan bisnis. Sebagai seorang pebisnis itu merupakan hal wajar, kamu tidak boleh menganggapnya sebagai sebuah kegagalan dan membiarkan bisnis tersebut bangkrut begitu saja. Karena banyak pepatah yang mengatakan, kegagalan kunci dari sebuah kesuksesan.

Nah, saat ini kamu perlu tau bahwa membuka suatu usaha memang membutuhkan banyak tenaga, waktu, fikiran, bahkan juga modal. Kamu ngga perlu pusing memikirkan hal tersebut, saat bisnis kamu sedang mengalami keterpurukan berarti kamu harus bisa mencari cara agar bisnis yang kamu jalankan bangkit kembali. Jangan sampai kamu terlalu lama di posisi tersebut, karena itu tidak baik dan akan berpotensi sebuah kebangkrutan. Pasti kamu memerlukan sebuah tips untuk mengatasi kebangkrutan kan? Yuk kini saat yang tepat bagi kamu untuk membuka sebuah peluang bagus untuk menjadikan bisnismu lebih bagus dan juga berkembang. Apa saja sih tipsnya! Let’s Go!!!

 

 Tips Agar Bisnismu Tidak Mengalami Kebangkrutan, Apa Saja Sih?

 

1. Jangan Menganggap Sepele Hutang

Hayo siapa sih disini yang suka dengan hutang? Kamu tau ngga kalau sebenarnya hutang itu ada sisi positif dan negatifnya. Pada tips pertama ini kita akan bahas mengenai hutang yang ada di dalam bisnismu. Yap, hutang merupakan tanggungan wajib yang harus dibayar karena adanya transaksi pembelian suatu barang atau jasa secara kredit, dan harus dibayar dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Nah, sisi positif dari hutang ini adalah dengan adanya hutang maka akan membuat bisnismu semakin berkembang secara cepat dan pesat. Namun, disisi lain hutang ini juga memiliki sisi negatif, yang harus kamu tau dari sisi negatifnya hutang adalah ketika kamu tidak mampu membayar hutang dalam jangka waktu yang telah ditentukan, maka kamu akan memikirkan bagaimana cara melunasi hutang tersebut. Kalau sampai kamu tidak mampu dalam melunasi hutang tersebut, nantinya akan mempengaruhi kondisi bisnismu. Jika kondisi bisnismu sudah berantakan, pasti kamu sendiri juga ga akan tenang. Dan itu akan membuat bisnismu dilanda sebuah kebangkrutan. Jadi, hutang ini sangat mempengaruhi kondisi bisnismu loh! Jangan sampai bisnismu terjerat oleh hutang-hutangmu.

 

2. Atur Manajemen Keuanganmu

Ketika bisnismu sedang bangkrut itu tidak bisa dipungkiri jika keuangan atau modal menjadi salah satu pondasi dasar sebuah bisnis. Oleh sebab itu, untuk bangkit dari sebuah kebangkrutan fokuslah untuk memperbaiki masalah keuangan, mulai dari memaksimalkan proses akuntansi sampai dengan melunasi hutang-hutang terlebih dahulu. Jika sampai kamu tidak bisa mengatur manajemen keuangan, maka kamu akan merasa kesulitan dalam hal menyusun strategi, mengambil sebuah keputusan, dan mengontrol setiap pengeluaran.

Lalu apa sih hubungan antara manajemen keuangan dengan sebuah hutang? Jadi gini, hutang itu merupakan prioritas utama yang harus kamu selesaikan. Sebab, jika hutang tersebut tidak kamu lunasi, bisa jadi akan membatasi arus kas keuangan bisnis kamu. Apabila hutang yang kamu miliki sudah lunas, maka pendapatan bisnismu bisa digunakan untuk mengembangkan inovasi sebuah produk. Gampang banget kan caranya! Yuk eksekusi sekarang!

 

3. Lakukan Planning Yang Matang Untuk Bisnismu

Yap, planning merupakan sebuah perencanaan yang matang untuk bisnismu di masa yang akan datang. Sebelum terjun ke dunia bisnis kamu harus tau apa saja planning yang dibutuhkan ketika menjalani sebuah usaha. Kadang kala, banyak pebisnis yang salah kaprah dalam membuat planning untuk usahanya. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan sebuah kekacauan. Lalu bagaimana jika kekacauan itu sampai terjadi? Nah, jika sampai bisnismu mengalami sebuah collapse itu artinya kamu harus melakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Apa itu? Jadi, kamu harus membuat sebuah inovasi yang baru dalam bisnismu, mulai dari pengembangan sebuah produk, penurunan harga, sampai dengan kepuasan seorang pelanggan.

 

4. Coret Pengeluaran Yang Tidak Penting

Tips yang keempat adalah ketika bisnismu sedang mengalami collapse atau bangkrut maka yang harus kamu lakukan yaitu mengurangi jumlah pengeluaran. Mengapa? Karena ketika pengeluaranmu lebih besar daripada pendapatan, itu akan menyebabkan sebuah kerugian, nah, dari kerugian tersebut akan timbul berbagai problem seperti, kamu akan kesulitan untuk membayar gaji karyawan, selain itu kamu juga tidak bisa dalam memaksimalkan penjualan karena kekurangan modal. Untuk itu, tips yang keempat ini sangat penting ketika kamu terapkan di dalam bisnismu. Karena semua itu dapat mengurangi risiko kebangkrutan yang akan terjadi.

 

5. Evaluasi Bisnismu dari Tahun-tahun Sebelumnya

Ketika bisnismu mengalami sebuah kebangkrutan karena tidak konsistennya kegiatan bisnis terhadap rencana yang sudah disusun sejak awal, maka cobalah untuk evaluasi bisnismu beberapa tahun sebelumnya. Cocokkan kembali antara rencana dengan apa yang sudah kamu lakukan. Jika masih tidak cocok, maka segera hentikan dan kembalilah untuk fokus terhadap rencana awal.

Tips tersebut menarik bukan! Wajib banget nih bagi pebisnis untuk cobain semua tipsnya. Pasti deh bisnis kamu tidak akan bangkrut.

Buka peluang bisnismu bersama tim konsultan kami. Disini kamu bisa berkreasi dan menumpahkan seluruh ide bisnis yang akan kami bantu untuk merealisasikannya! Konsultasi Gratis Disini!

 

Cek link dibawah ini untuk mendapatkan penawaran khusus dari kami!

 

Baca Juga artikel kami :

Kami Hadir di :

Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

konsultanmanajemen.asia

konsultanbisnis.id

konsultan.co

 

Instagram :

konsultanco
konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :
Reko Prabowo (081398646177)