Bisnis Toko Bangunan. Bisnis Menjanjikan Pasti Untung

KONSULTAN TOKO BANGUNAN: Alasan Toko Bangunan Kecil Berani Bersaing Dengan Toko  Material Besar | Konsultan Toko Bangunan

Banyak alasan mengapa bisnis Toko bangunan menjadi salah bisnis yang menjanjikan sampai kapan pun. Tak hanya di kota, peluangnya juga terbuka lebar di pedesaan.

Berikut adalah beberapa hal yang membuat bisnis ini menarik sehingga layak untuk Anda pertimbangkan menjadi salah satu pilihan usaha:

  1. Barang yang dijual adalah kebutuhan pokok untuk membangun rumah. Sebuah kebutuhan yang sangat diperlukan oleh setiap individu. Apalagi yang sudah berumah tangga. Artinya, pangsa pasarnya sangat luas.
  2. Makin majunya pembangunan, baik di desa maupun di kota. Hal ini ditandai dengan ekspansi perumahan secara masal. Area-area yang dulunya adalah lahan persawahan atau ladang, kini sudah menjadi tempat tinggal atau pemukiman baru.
  3. Laba yang didapatkan dalam bisnis ini sangat besar.
  4. Karena modalnya besar, persaingan usaha ini tak terlalu banyak. Sebab tidak banyak orang yang mampu membuka usahanya.
  5. Barang-barang yang dijual tidak mengalami penyusutan.
  6. Tak ada batas kadaluwarsa pada barang yang dijual.

Dari ulasan di atas kita tahu bahwa barang yang dijual dalam usaha ini memang tidak dibutuhkan setiap hari layaknya bisnis sayuran atau yang lain. Meski begitu, peluangnya jadi besar karena kebutuhan untuk membangun dan merenovasi rumah terus mengalir.

Risiko dan kelemahan usaha toko bangunan

Sebagai pebisnis, Anda tidak boleh hanya fokus pada peluangnya saja. Sebab setiap usaha pasti punya tantangan dan kelemahan yang harus dicari solusinya.

Berikut ini beberapa kelemahan atau tantangan yang harus dihadapi saat seseorang menjalankan bisnis toko bangunan:

  1. Modalnya sangat besar, minimal ratusan juta.
  2. Harus dibuka di area yang strategis, bila tidak maka efeknya bisa buruk ke depan.
  3. Ada masa sepi di bulan-bulan tertentu. Apabila tidak dikelola dengan baik bisa berdampak buruk untuk keberlanjutan bisnisnya.

Itulah beberapa resiko atau kelemahan yang harus Anda lalui bila masuk ke bisnis ini. Solusinya bisa langsung disimak di bawah ini.

1. Cara mencari lokasi strategis

Lokasi memegang peranan yang amat penting untuk sebuah toko bangunan. Idealnya, usaha ini dibangun di lokasi yang strategis dan mudah untuk dijangkau.

Lokasi yang tepat untuk mendirikan toko bangunan adalah di pusat bisnis. Misalnya di dekat pasar atau di pusat kota. Buatlah toko yang berukuran besar dan memiliki halaman yang luas.

Mengapa harus luas?

Sebab halaman akan digunakan untuk parkir kendaraan pemasok bahan bangunan dan juga kendaraan yang mengantar ke rumah pelanggan.

Selain itu, halaman juga digunakan untuk menaruh pasir, batu, dan material lain.

Jika memiliki modal yang besar, Anda dapat membeli lahan dan membangun toko di pusat kota.

Namun apabila modal yang Anda miliki tidak cukup besar, sewalah ruko di lokasi yang strategis. Harga sewa lebih murah dibandingkan dengan biaya untuk membangun toko dari awal.

2. Membuat daftar barang yang akan dijual

Bagi para pelaku usaha baru, menyusun daftar barang yang ingin dijual pada toko Anda susah-susah gampang. Jika tidak dilakukan secara benar, bisa saja perputaran modal yang dikeluarkan jadi tidak lancar.

Maka dari itu, mula-mula cobalah untuk memaksimalkan modal Anda pada barang-barang yang perputarannya relatif cepat, seperti pasir, bata, semen, besi, cat tembok, dan sebagainya.

Hal ini dimaksudkan, agar modal tersebut bisa lebih cepat menghasilkan dan perputaran bisnis Anda berjalan dengan lancar.

3. Mencari supplier toko bangunan terbaik

Untuk membangun toko bangunan yang sukses awali dengan mencari supplier yang baik. Pemasok yang baik merupakan individu atau badan usaha yang bisa dipercaya dan memiliki reputasi baik.

Untuk mendapatkan supplier yang baik dan terpercaya, Anda dapat meminta rekomendasi dari pemilik toko bangunan yang lebih senior.

Toko Anda akan semakin sukses bila menjalin relasi dengan para kontraktor dan mandor.

Sebab dua profesi ini memiliki kaitan yang erat dengan bisnis Anda. Tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang Anda dapat menerima pesanan dari mereka.

4. Harga Bersaing

Membangun sebuah rumah atau gedung membutuhkan biaya yang besar. Oleh sebab itu, masyarakat mencari toko bangunan yang memberikan harga lebih murah untuk menekan biaya.

Usahakan untuk mencari pemasok yang memberikan harga lebih rendah. Tujuannya yaitu agar Anda dapat menjual material dengan harga yang lebih rendah pula kepada para pelanggan.

Anda tak boleh menganggap remeh persaingan harga antar toko bangunan.

Toko yang menawarkan harga lebih tinggi cenderung tidak disukai oleh para pembeli. Sehingga kemungkinan besar usahanya akan merugi.

Untuk memudahkan menentukan harga dan pengelolaan keuangan usaha, Anda bisa simak artikel tips mengelola keuangan usaha.

5. Melakukan promosi

Apapun jenis bisnis yang Anda tekuni, melakukan promosi ketika bisnis tersebut baru berjalan adalah sebuah keharusan. Sebab, tidak ada gunanya Anda membangun bisnis jika tidak diketahui orang lain.

Oleh karenanya, cobalah untuk melakukan promosi terhadap bisnis yang Anda jalankan. Pertama-tema mulailah dari orang terdekat, seperti saudara, teman, dan keluarkan.

Setelah itu, bukalah jejaring yang lebih luas dengan berkumpul pada pengusaha toko bangunan lainnya. Sebarkan informasi terkait toko ini di sosial media dan minta teman-teman Anda untuk membagikannya.

6. Ikut proyek

Cara yang cukup banyak mendatangkan keuntungan adalah dengan mengikuti proyek. Kalau yang ini, Anda butuh bekerja sama dengan pemerintah setempat atau minimal perwakilannya, atau juga dengan .

Dibutuhkan koneksi yang cukup kuat untuk mengikuti proyek-proyek semacam ini. Jadi, pastikan Anda membuat jaringan atau melebarkan network saat memang terjun ke bisnis ini.

 

Baca Juga artikel kami :

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen