Pilih Laman

Frozen Food. Bisnis Menjanjikan Saat Pandemi COVID-19

Pada saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini masayarakat akan memikirkan cara untuk bertahan hidup mulau dari menghemat konsumsi yang dibutuhkan sehari hari, sampai dengan memulai busnis untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Tidak sedikit orang yang kini menaruh minat untuk membeli frozen food, terutama sebagai stok makanan selama masa pandemi ini. Di saat yang sama, bisnis frozen food saat ini juga menjadi tren usaha dengan peluang yang menguntungkan karena sifatnya yang praktis. Apalagi jika Anda bisa menjual produk makanan beku yang tidak menggunakan pengawet ini, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri.

Bisnis frozen food memungkinkan untuk dilakukan dengan skala rumahan. Dengan begitu, Anda bisa memulai bisnis ini kapan saja. Untuk membantu Anda melihat lebih dekat dengan peluang bisnis frozen food ini, artikel ini akan mengulas lebih jauh mengenai tips memulai bisnis hingga perhitungan estimasi modal dan keuntungannya.

Tips memulai bisnis frozen food

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah melakukan riset mengenai kondisi pasar. Anda harus mencari tahu area mana saja yang tertarik dengan frozen food atau tidak. Jika langkah tersebut sudah dilakukan, selanjutnya Anda tinggal menerapkan langkah selanjutnya seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Komitmen

sebelum anda mulai terjun ke bisnis didunia frozen food langkah awal yang harus di perhatikan adalah untuk mempersiapkan mental dan niat serta kamu harus menanam komitment, sebab tanpa komitmen bisnis kamu akan staknan dan bisajadi kamu tidak akan berkembang, dan juga tanpa komitmen, bisnis kamu tidak akan berkembang sukses sesuai yang diharapkan.

2. Riset dan perhitungan modal yang dibutuhkan

jika anda sudah menyipakan mental dan niat yang kuat, langkah selanjutnya Anda harus melakukan tentang pasar dan menentukan produk bisnis frozen food apa yang Anda pilih, selanjutnya Anda harus mulai menghitung anggaran modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini. Hitung kebutuhan apa saja yang harus disertakan dalam perhitungan modal awal, termasuk biaya yang dikeluarkan jika Anda harus bekerjasama dengan vendor atau pemasok kebutuhan bisnis frozen food ini. Pastikan perhitungan modal awal dilakukan serinci mungkin.

3. Siapkan peralatan utama

Saat menghitung modal awal, bisa juga sekalian mengkategorikan kebutuhan-kebutuhan primer hingga yang sifatnya tidak mendesak. Fokuskan anggaran modal Anda untuk membelanjakan peralatan-peralatan utama terlebih dahulu seperti mesin pendingin untuk menyimpan stok makanan beku.

Anda bisa berinvestasi sedikit lebih mahal dengan membeli mesin pendingin makanan dengan kualitas terbaik, daripada menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mesin mengalami kerusakan jauh sebelum masa depresiasinya tiba. Hal ini akan merugikan karena operasional bisnis akan terhambat. Belum lagi jika Anda harus mengeluarkan ekstra uang untuk memperbaiki mesin atau bahkan membeli mesin baru.

4. Tentukan Target pasar dan Pelanggan

Hal penting yang harus diperhatikan selanjutkan adalah target dari pasar yang akan dituju, Menentukan target pasar dan pelanggan juga perlu pengamatan yang mendalam. Perlu analisis mau menarget pelanggan segmen apa saja? Target pelanggan bisa didapatkan dari online maupun offline. Namun, tidak bisa hanya menyasar satu segmen saja misal online saja.

“Cari customer-ya dulu, siapa customer yang mau ditarget dan mereka butuh frozen food yang seperti apa. Teliti dulu mau menyasar segmen apa? Bisa online atau offline tapi gabisa cuma online saja, lalu pelajari lagi sizenya seperti apa gede apa kecil?” tambahnya.

5. Gunakan teknologi digital

Permudah operasional bisnis frozen food yang hendak Anda lakukan dengan melibatkan fitur-fitur apik dari kemajuan teknologi digital terkini. Seperti GoBiz dari Gojek misalnya, fitur ini berguna untuk pemesanan secara online yang sudah terintegrasi dengan GoFood. Tidak hanya mempermudah pebisnis, tetapi juga konsumen yang hendak memesan makanan beku dari Anda. Apalagi aplikasi GoBiz ini juga sifatnya mobile dan mudah digunakan.

Selain mendukung pemesanan bisnis frozen food secara online, GoBiz juga sudah terintegrasi dengan fitur GoFood, sehingga Anda dapat menjangkau lebih banyak lagi pembeli di pasar online. Ditambah para pelanggan Anda nantinya akan dimudahkan dengan fitur pembayaran non-tunai. Jenis teknologi digital seperti inilah yang dapat membantu Anda mempertahankan bisnis terus berjalan di tengah kondisi sekarang ini.

6. Pelajari Persaingan

Memulai bisnis tentu perlu siap dengan yang namanya persaingan. Untuk menyikapi persaingan tersebut, kamu perlu siap mental dan menerima persaingan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sebuah bisnis. Lalu, lihat persaingan sebagai masukkan untuk pengembangan usaha kita.

“Perlu juga mempelajari kompetitor kita siapa, siapa saja yang sudah mulai bisnis serupa, baru ditimbang-timbang, karena semua bisnis itu ada risikonya,” tandasnya.

diambil dari situs detik.com Permintaan terhadap makanan beku (frozen food) belakangan meningkat pesat terutama sejak diterapkannya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tak sedikit, masyarakat pun berlomba-lomba memulai bisnis frozen food demi meraup cuan atau sekadar bertahan hidup di tengah pandemi.

Meski begitu, memulai bisnis frozen food sebenarnya bukan perkara mudah. Menurut Pakar Marketing Hermawan Kartajaya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis frozen food. Setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis frozen food yaitu, customer (pelanggan), product dan brand.

“Sekarang ini banyak orang latah memulai bisnis, seperti frozen food ini, hati-hati, krisis ini bisa dilihat sebagai opportunity tapi tidak untuk semua orang, ini opportunity bagi mereka yang sudah ngerti channelnya, jenis makanannya, sudah punya brand. Kalau baru mau mulai sudah punya customer belum? Productnya seperti apa? Sudah punya brand apa belum?” kata Hermawan kepada detikcom, Kamis (18/6/2020).

Baca Juga artikel kami :

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen