Pilih Laman

Strategi Marketing Bisnis Kuliner di Masa Pandemi

Strategi Marketing Bisnis Kuliner di Masa Pandemi

Suasana Restoran Sepi di Masa Pandemi

 

Yap! Bukan wacana lagi, PSBB total di Jakarta membawa dampak yang signifikan bagi pemilik bisnis kuliner dan sejenisnya. Adanya kebijakan take away (bawa pulang) membuat berkurangnya orderan yang berimbas pada penurunan omset yang cukup tajam. Hal ini membuat pada business owner kelimpungan dan mencoba bertahan dengan berbagai macam strategi bisnis. Nah, bagi Anda si owner bisnis kuliner yang lagi stuck dan bingung, coba terapkan 5 strategi marketing agar bisnis kuliner kamu laris manis di masa pandemi. Siapa tahu bisa membantu!

 

1. Layani Pembelian Secara Online Food Delivery

Jika bisnis kuliner Anda masih belum terdaftar di situs jasa online seperti GoFood dan GrabFood, ini adalah saat yang tepat untuk memulai. Mau tidak mau, suka tidak suka, kebijakan Work From Home di Jakarta atau di kota-kota lain dapat berimbas kepada meningkatnya pembelian melalui online food delivery. Anda wajib mendaftarkan atau bermitra dengan kedua atau salah satu situs jasa online tersebut. Jika dirasa proses pendaftarannya memakan waktu yang lama, Anda bisa memasang iklan atau announce melalui media sosial bisnis Anda bahwa produk Anda bisa menerima jasa pesan antar.

 

2. Berikan Promo yang Menarik

Promosi memang hal yang lazim dilakukan bagi pemilik bisnis agar produknya tetap diminati pelanggan. Namun, di era pandemi Covid-19, kegiatan promosi tampaknya menjadi hal yang wajib, mengingat pentingnya menjaga roda bisnis agar tetap berjalan. Pemberian harga promo juga tidak bisa asal-asalan, Anda harus tetap bisa mengambil keuntungan yang cukup, agar tidak tekor juga. Misalnya, pemberian diskon di weekend, atau beli menu “x” gratis menu “y”, pembelian paket menu “a” gratis voucher pembelian menu “b” di hari tertentu, diskon 25% untuk member kartu “x”, dan lain sebagainya. Bisa divariasikan sesuai harga yang sudah Anda tetapkan.

Baca Juga Artikel Kami : Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Sosial Media

 

3. Buat Kegiatan Selling atau Promote Semenarik Mungkin

 

Strategi promosi yang menarik melalui instagram

Promosi dengan Menggunakan Feed Instagram yang Menarik (Ilustrasi: Freepik.com)

 

Adanya pandemi, memaksa segala kegiatan yang melibatkan banyak orang dibatasi hingga waktu yang tidak ditentukan. Hal ini berimbas kepada kegiatan pameran, konser, bazaar makanan, sudah pasti dilarang. Hasilnya? yah, pemilik bisnis kuliner tidak bisa unjuk gigi mempromosikan produk bisnisnya ke khalayak ramai. Satu-satunya jalan ya advertise lewat “Media Sosial”.

Mau tahu caranya? Anda bisa memulai dengan content planning atau membuat perencanaan konten di instagram, facebook, youtube, atau twitter agar pemasaran produk Anda berjalan optimal. Jangan hanya terpaku pada jualan produk saja ya, variasikan dengan tips seputar kuliner, tips memasak yang sekiranya relevan dengan produk yang kamu jual. Anda juga boleh menambahkan beberapa postingan video testimoni yang lucu dan unik atau membayar influencer untuk endorsement.

 

4. Tingkatkan Kualitas Sebaik Mungkin

Tingkatkan kepercayaan customer terhadap produk Anda dengan memperbaiki kualitas layanan dan rasa dari produk kuliner yang Anda tawarkan. Tingkatkan pelayanan dengan memastikan bahwa pegawai dalam keadaan sehat dan tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker, face shield, dan sarung tangan. Bukan hanya pegawai, lingkungan di restoran Anda pun juga wajib memperhatikan protokol kesehatan, dengan wajib cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk, pengaturan jumlah kursi, dan pembatasan pengunjung.

 

5. Bangun Simpati dan Loyalitas Konsumen, Melalui Menu Donasi

Maksud dari strategi ini yaitu, Anda bisa menawarkan menu tertentu yang mana, sebagian pembelian dari menu tersebut akan didonasikan untuk tenaga kesehatan yang terdampak covid-19. Strategi ini dapat membangun rasa simpati customer, sehingga tertarik untuk membeli karena sekaligus beramal. Lakukan tips ini dengan ikhlas ya.

 

Dari kelima strategi marketing diatas, mana yang sudah Anda terapkan untuk bisnis kuliner Anda? Kalau belum, segera diterapkan ya. Semoga bisnis kuliner Anda tetap bisa bertahan dan selalu mendulang untung di masa pandemi Covid-19.

 

KONSULTAN.CO! BUSINESS GROWTH EXPERT.

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

 

 

 

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen