KONSULTAN RESTORAN

 

Terpercaya, +62 813-9864-6177, Menentukan Lokasi Yang Tepat.

 

Menentukan Lokasi, Menentukan Lokasi Tempat Usaha, Menentukan Lokasi Usaha, Faktor Menentukan Lokasi Bisnis, Cara Menentukan Lokasi, Cara Menentukan Lokasi Perusahaan, Faktor Dalam Menentukan Lokasi Perusahaan, Faktor Dalam Menentukan Lokasi Industri

 

Menentukan Lokasi Yang Tepat –  kediaman bisnis tersebut dilakukan. Lokasi merupakan tempat usaha Rumah makan dilakukan atau tempat untuk melakukan penjualan langsung kepada konsumen. Oleh karena itu memilih lokasi yang strategis merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis rumah makan anda. Pemilihan lokasi sebagai basis usaha rumah makan sangatlah penting dan terkadang menentukan. Sebab, lokasi berkaitan dengan banyak hal faktor lain, seperti kedekatan dengan pusat perbelanjaan, keramaian, kemudahan akses, dan kedekatan dengan calon pembeli. Jadi lokasi sebaiknya mudah dijangkau baik untuk memasaknya dan bagi calon pembelinya.

Sebaiknya memilih lokasi untuk rumah makan yang strategis, dan mudah dijangkau oleh siapa saja termasuk oleh pelanggan. Paling tidak mudah diakses oleh kendaraan dan mempunyai jarak tempuh yang tidak jauh dengan pelanggan. Sebab, jarak dan kemudahan akses biasanya sangat berpengaruh terhadap kecepatan pelayanan. Jika lokasinya dekat dan mudah diakses biasanya sangat berpengaruh terhadap kecepatan pelayanan.

Oleh karenanya anda harus memilih lokasi rumah makan yang tepat dan strategis agar pelanggan tidak kesulitan mencari rumah makan anda. Namun jika usaha rumah makan anda sudah berkembang menjadi lebih besar, maka anda harus memilih tempat usaha baru yang area kerja cukup luas untuk tempat pengolahan bahan makanan memiliki fasilitas yang memadai (air, listrik, sistem pembuangan air yang baik tidak mengganggu warga masyarakat sekitar. Juga meja kursi tamu di bikin luas, sejuk, bersih, sehingga pelanggan betah duduk dan menikmati hidangan yang di sajikan.

Poin penting dalam memilih lokasi rumah makan yang tepat adalah pemilihan lokasi sebaiknya dekat dengan jalan raya, transportasi, dan pasar. Ini adalah nilai plus yang dapat membantu usaha rumah makan anda. Jalan raya memudahkan untuk mengakses pengunjung yang mampir mau makan dan minum. Sedangkan transportasi memudahkan pengunjung yang datang ke rumah makan anda mudah dan cepat mengakses jalan, serta tempat parkir yang luas juga menjadi kemudahan bagi pengunjung rumah makan anda, supaya memudahkan menaruh kendaraan mereka, baik roda empat atau roda dua.

Anda akan selalu berurusan dengan semua bahan makanan yang akan di sajikan untuk untuk melengkapi menu masakan maupun minuman pelanggan maupun pengunjung. Untuk itu lebih baik lagi kalau rumah makannya dekat dengan pasar penyedia bahan makanan yang akan di masak, tentu anda akan merasa sulit kalau bahan makanan yang akan di masak tersebut jauh letaknya dengan lokasi tempat usaha makan anda.

Ingatlah jika anda ingin membuka usaha rumah makan salah satu faktor suksesnya adalah memilih lokasi usaha secara baik. Jika anda membukanya dengan skala kecil, maka cukuplah dengan rumah sendiri. Namun bila sudah berkembang maka harus memperhatikan tempat dan memilih lokasi yang strategis. Memang lokasi bukan satu satunya faktor yang menentukan tetapi dapat menjadi faktor pendorong terhadap keberhasilan sebuah usaha. Apalagi lokasi tempat usaha selain sebagai tempat produksi juga memiliki nilai fungsi lain, yaitu promosi.

Mengapa lokasi usaha yang semstinya menjadi tempat usaha bisa juga dipakai untuk fungsi promosi? Ingat promosi dapat dilakukan dalam banyak tempat dan media, salah satunya adalah memasang spanduk, pamflet, atau baliho besar, di pinggir jalan. Orang-orang seringkali mengiklankan atau mempromosikan produk dengan memasang baliho besar di pinggir jalan. Jalan-jalan besar yang dipilih pun biasanya strategis, di perempatan atau di jalan utama tempat lalu lalang manusia.

Jika anda bisa membuka di tempat strategis seperti pinggir jalan utama dan dekat dengan konsumen maka anda dapat memasang baliho besar, di atas tempat usaha anda. Selain menunjukkan lokasi tempat usaha anda, baliho tersebut sekaligus member informasi iklan atau promosi kepada masyarakat yang sering melihat dari jalan raya.

Memilih lokasi yang tepat merupakan hal terpenting dalam bisnis anda. Terlebih lagi apabila anda ingin membuka bisnis makanan alias rumah makan tentunya lokasi menjadi faktor utama penentu keberhasilan bisnis anda.

Trafik

Ramainya lalu lalang pejalan kaki dan kendaraan bermotor merupakan langkah penting yang harus Anda perhatikan. Anda dapat memperoleh datanya dari agen-agen real estat, kantor demografi dan kependudukan serta kepolisia. Tentunya Anda ingin memilih lokasi yang memiliki trafik tinggi saat waktu-waktu orang makan di restoran. Anda harus melakukan survei lokasi di waktu-waktu yang berbeda serta juga pada akhir pekan. Apabila Anda berada di daerah kabupaten dan jauh dari kota maka Anda harus mempertimbangkan trafik pejalan kaki. Tipe-tipe pejalan kaki nantinya juga akan mempengaruhi konsep yang Anda akan pilih.

Keberadaan lokasi

Keberadaan lokasi di sudut bagus apabila akses dari jalan raya mudah. Lokasi jalan buntu merupakan pilihan terbaik untuk strip malls. Standing rumah makan dengan banyak lahan parkir merupakan pilihan ideal. Tanda-tanda dapat membantu keberadaan lokasi anda namun harus dipikirkan lagi mengenai perda-nya serta tergantung dari besaran dan lokasi untuk menempatkannya.

Ketersediaan tempat parkir

Hal ini sangat penting apabila anda ingin memulai bisnis rumah makan. Calon pelanggan Anda butuh tempat parkir yang nyaman untuk datang ke rumah makan anda. Apabila rumah makan Anda tidak menyediakan tempat parkir yang layak dan nyaman maka mereka akan berpikir dua kali untuk datang.

Lokasi dekat populasi padat

Akan memiliki nilai tambah apabila lokasi rumah makan anda berada di dekat populasi padat seperti misalnya, kampus, rumah sakit, bangunan kantor, sekolah dan sebagainya.

Akses

Calon pelanggan Anda butuh akses mudah menuju lokasi rumah makan Anda. Apabila lokasi rumah makan Anda berada di jalur verboden maka hal ini tentunya cukup menyulitkan calon pelanggan anda, tentu anda harus mempertimbangkannya dengan matang. Namun apabila lokasinya terlalu ramai dan sesak maka calon pelanggan Anda juga akan malas datang.

Luas lokasi

Anda harus mempertimbangkan apakah lokasi yang Anda pilih mampu menampung calon pelanggan yang datang.

Harga

Faktor harga tempat yang akan anda beli ataus sewa juga menjadi penentu. Carilah lokasi dengan harga terjangkau yang sudah anda pertimbangkan serta disesuaikan dengan break-event point.

Konstruksi Jalan

Anda harus selalu melakukan pengecekan ke pihak pemerintah daerah atau walikota mengenai rencana apa yang akan dilakukan untuk wilayah tempat lokasi restoran Anda berada.

Tingkat kerawanan

Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah apakah lokasi rumah makan yang anda pilih memiliki tingkat kerawanan yang tinggi atau tidak. Calon pelanggan tidak akan datang ke restoran Anda apabila mereka tidak merasa aman.

 

Segera Hubungi Kami Untuk Mewujudkan Bisnis Yang Anda Inginkan dan Ubah Bisnismu Sekarang Menjadi Lebih Maju dengan Kami! 

Industri yang kami layani :

>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.

>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.

>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.

>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Konsultan.co

The Future Of..

Indonesia Business Growth

 

& Integrated Business Strategy