KONSULTAN MANAJEMEN

Terbaik, +62 822-2333-2799, Pengertian Retail Store Operation.

Setail Store Operations Manager, Retail Store Operation Process, Retail Store Operation Management, Retail Stores and Operation Management, Checklist For Retail Store Operations, Retail Store Operations Consultant, Retail Shop Operations Manual Example, Store Operation in Retail Management.

 

Retail Store Operation – Setiap kali Anda memasuki toko ritel, pengalaman belanja Anda telah direncanakan secara luas, dari item yang Anda lihat untuk dijual ke tata letak dan desain toko. Sering kali keputusan ini dibuat oleh seseorang yang bekerja di operasi ritel, atau area ritel yang peduli dengan fungsi toko sehari-hari. Sekolah yang menawarkan gelar Manajemen Ritel juga dapat ditemukan dalam pilihan populer ini .

Tentang Operasi Ritel

Bidang operasi ritel menyangkut pekerjaan yang dilakukan individu untuk menjaga agar toko ritel tetap berfungsi. Ini termasuk tenaga penjual dan manajer ritel di semua jenis toko ritel, termasuk toko kecil dengan hanya segelintir pekerja dan toko rantai besar dengan ratusan karyawan. Jika Anda tertarik dengan karier di bidang ini, ingatlah bahwa Anda mungkin perlu memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan kemampuan untuk menangani pelanggan yang sulit. Jika Anda sudah bekerja di lapangan dan tertarik untuk belajar lebih banyak atau maju, Anda dapat mengunjungi situs web untuk Federasi Ritel Nasional, yang menyediakan sumber daya pendidikan dan informasi advokasi ritel.

Atmosfir Toko

Toko harus menawarkan suasana positif kepada pelanggan agar mereka dapat menikmati belanja dan pergi dengan senyuman.

  1. Toko seharusnya tidak memberikan tampilan yang berantakan.
  2. Produk harus diatur dengan benar di rak sesuai dengan ukuran dan pola mereka. Pastikan produk tidak jatuh dari rak.
  3. Seharusnya tidak ada bau busuk di toko karena mengganggu pelanggan.
  4. Lantai, langit-langit, karpet, dinding dan bahkan maneken tidak boleh memiliki bintik-bintik yang tidak diinginkan.
  5. Jangan pernah membuang kotak kemasan, gantungan baju atau pakaian yang tidak perlu di ruang ganti. Jaga agar tetap bersih.
  6. Pastikan pelanggan dihadiri dengan baik.
    Jangan biarkan pelanggan membawa barang-barang makanan di dalam toko.

Penanganan Uang Tunai

  1. Salah satu aspek terpenting dari ritel adalah penanganan uang tunai.
  2. Sangat penting bagi pengecer untuk melacak arus kas harian untuk menghitung untung dan rugi toko.
  3. Cash Register, sistem manajemen kas elektronik atau sistem point of sale (POS) komputer yang rumit membantu pengecer untuk mengelola penjualan harian dan pendapatan yang dihasilkan.

Mencegah Pengutilan / Keamanan dan Keamanan

  1. Barang dagangan tidak boleh ditampilkan di pintu masuk atau keluar dari toko.
  2. Jangan biarkan pelanggan membawa lebih dari tiga gaun sekaligus ke ruang sidang.
  3. Pasang CCTV dan kamera untuk terus mengawasi pelanggan.
  4. Setiap barang harus memiliki tag keamanan.
  5. Mintalah para individu untuk menyerahkan tas membawa pada keamanan.
  6. Pastikan perwakilan penjualan menangani produk dengan hati-hati.
  7. Pakaian tidak boleh memiliki noda atau bekas debu yang tidak diinginkan karena kehilangan daya tarik dan gagal mengesankan pelanggan.
  8. Instal generator untuk cadangan daya dan untuk menghindari keluarnya listrik yang tidak perlu.
  9. Simpan produk mahal di lemari tertutup.
  10. Anjurkan anak-anak untuk tidak menyentuh produk yang rapuh.
  11. Pelanggan harus merasa aman di dalam toko.

Pelayanan pelanggan

  1. Pelanggan adalah aset bisnis ritel dan pengecer tidak boleh kehilangan bahkan satu pelanggan pun.
  2. Sapa pelanggan dengan senyuman.
  3. Bantu mereka dalam belanja mereka.
  4. Perwakilan penjualan harus membantu individu membeli barang sesuai kebutuhan dan kantong mereka.
  5. Peritel tidak boleh menjual terlalu banyak produknya ke pelanggan. Biarkan mereka memutuskan sendiri.
  6. Berikan umpan balik yang jujur ​​dan benar kepada individu. Jika pakaian tertentu tidak terlihat baik pada siapa pun, katakan yang sebenarnya dan sarankan dia beberapa pilihan yang lebih baik.
  7. Jangan kompromi pada kualitas produk. Ingat satu pelanggan yang puas membawa lima orang lagi ke toko. Word of mouth memainkan peran penting dalam Promosi Merek.

Pengembalian

  1. Rumuskan kebijakan pengembalian dana konkret untuk toko Anda.
  2. Toko harus memiliki pengaturan waktu untuk pertukaran barang dagangan.
  3. Jangan pernah menukar produk sebagai pengganti uang tunai.
  4. Jangan kasar kepada pelanggan, sebagai gantinya bantu dia untuk menemukan sesuatu yang lain.

Cinderamata

  1. Posisi dummies harus sering diganti.
  2. Harus ada cahaya yang cukup di toko. Segera ganti lampu yang terbakar.
  3. Jangan menyimpan perabotan yang tidak perlu di toko.
  4. Pilih warna terang dan halus untuk dinding untuk mengatur suasana walk-ins.
  5. Pastikan papan nama menampilkan semua informasi yang diperlukan tentang toko dan dipasang di tempat yang tepat yang terlihat oleh semua orang.
  6. Pelanggan harus dapat bergerak dan berbelanja dengan bebas di toko.
  7. Toko ritel harus berventilasi baik.

Program pelatihan

  1. Manajer toko harus sering mengadakan program pelatihan untuk perwakilan penjualan, kasir dan anggota tim lainnya untuk memotivasi mereka dari waktu ke waktu.
  2. Adalah tanggung jawab manajer toko untuk memperbarui bawahannya dengan perangkat lunak terbaru dalam ritel atau perkembangan lain dalam industri.
  3. Ini adalah tanggung jawab manajer toko untuk menyusun laporan yang diperlukan (penjualan serta inventaris) dan mengirim ke kantor pusat setiap hari.

Inventarisasi dan Manajemen Stok

  1. Pengecer harus memastikan untuk mengelola persediaan agar tidak “kehabisan stok”.
  2. Setiap rantai ritel harus memiliki gudang sendiri untuk menyimpan barang dagangan.
  3. Ambil langkah-langkah yang memadai untuk mencegah hilangnya persediaan dan stok.