Skip to content

Analisis Konsultan Bisnis, Faktor Penyebab Bisnis Tidak Berkembang

Analisis Konsultan Bisnis, Faktor Penyebab Bisnis Tidak Berkembang

Salah satu tugas konsultan bisnis adalah mengembangkan perusahaan dan memberikan solusi ketika terjadi penurunan atau mandeknya suatu bisnis. Keuntungan bisnis diperoleh besar menandakan bahwa perkembangannya cukup pesat, begitu pula sebaliknya. Jika keuntungan yang diperoleh terus menerus berada di angka yang sama atau bahkan menurun, dapat dikatakan bisnis tersebut tidak berkembang.

Perlu diingat, penyelesaian tidak pernah terjadi karena adanya keberuntungan. Dibutuhkan kerja keras lainnya untuk mewujudkannya. Namun, kerja keras tersebut harus diawali dengan mencari penyebab bisnis tidak berkembang. Nah, berikut ini beberapa masalah umum penyebab bisnis tidak berkembang atau berjalan di tempat.

1. Tidak Memiliki Perencanaan Bisnis
Perencanaan dasar merupakan bagian terpenting yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis agar usahanya dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga pada akhirnya dapat mencapai tujuan berupa keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan adanya perencanaan dasar mulai di awal usaha, para pebisnis menjadi tidak mudah goyah saat usahanya mengalami hambatan dan tantangan. Tidak sedikit dari pebisnis pemula kehilangan fokus pada bisnis yang sedang dirintis karena terlalu tergesa-gesa mengeksekusi ide-ide barunya. Akibatnya, usaha yang sedang mereka jalankan menjadi tidak berkembang.

2. Tidak Mengevaluasi Bisnis
Penyebab bisnis tidak berkembang berikutnya yaitu tidak mengevaluasi bisnis. Setiap tahun, kamu perlu melakukan evaluasi bisnis dengan menganalisa data penjualan 2 tahun terakhir untuk mengetahui kondisi bisnismu saat ini. Kamu juga bisa membandingkannya dengan tahun lalu. Sayangnya, tidak semua pebisnis paham dan sadar akan hal yang satu ini. Padahal, mengevaluasi bisnis minimal setahun sekali digunakan untuk bisa melihat bagaimana bisnis kamu berkembang dan seberapa besar jumlahnya. Jika hasilnya tidak seperti yang diharapkan, berarti ada sesuatu yang perlu diperbaiki dalam sistem bisnis kamu.

3. Tidak Ada Inovasi
Kebanyakan pebisnis tidak melakukan inovasi untuk bisnisnya. Akibatnya bisnisnya hanya jalan di tempat dan tidak berkembang. Padahal inovasi menjadi kunci agar bisnismu bisa bertahan dan terus berkembang mengikuti perkembangan jaman. Inovasi tidak harus membuat perubahan besar. Cobalah untuk analisa kekurangan produkmu dan segera mengambil tindakan untuk melakukan beragam inovasi. Jika kamu mampu memberikan hal-hal atau sentuhan baru dalam usahamu, bukan tidak mungkin pelanggan akan kembali datang dan terus bertambah jumlahnya.

4. Strategi Marketing Tidak Tepat
Banyak pebisnis mengalami kemerosotan karena tidak mendapatkan pelanggan baru atau kemampuan mempertahankannya. Agar bisnis dapat berkembang, maka pengetahuan mengenai berbagai teknik atau strategi marketing sangat perlu untuk dipelajari. Sehingga teknik marketing yang akan diaplikasikan sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan.

5. Tidak Mempelajari Kondisi Market dan Kompetitor
Kebanyakan pebisnis tidak mempelajari kondisi market dan kompetitor bisnisnya. Akibatnya bisnis yang sedang dijalankan tidak bisa berkembang. Kondisi market akan selalu mengalami perubahan seiring dengan waktu. Kondisi market juga akan berubah seiring dengan permintaan pelanggan. Sehingga perlu mengetahui kondisi market agar produkmu bisa memenuhi permintaan pelanggan. Selain itu, memahami kompetitor adalah kunci untuk memenangkan kompetisi market.

6. Tidak Mahir di Dunia Digital
Saat ini semua jenis usaha telah mengalami digitalisasi. Namun masih banyak yang belum familiar dengan digitalisasi, dan membuat bisnis mereka tidak berkembang dan semakin terbelakang. Dengan digitalisasi, bisnismu akan lebih mudah untuk dijalankan. Selain itu kamu juga bisa menerapkan digitalisasi dalam marketing untuk mengenalkan produkmu ke masyarakat.

ARTIKEL LAINNYA : Tips Memulai Bisnis Rintisan Secara Terukur

7. Perlakuan terhadap Pelanggan
Pelanggan setia itulah yang menjadi kunci dari berkembangnya suatu usaha. Tanpa adanya pelanggan, maka transaksi tidak akan terjadi. Akibatnya, bisnis akan macet. Untuk mempertahankan pelanggan setia tersebut, pelayanan dalam bisnis harus dibuat maksimal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberi pelayanan yang ramah kepada pelanggan. Banyak pebisnis baru yang mengabaikan hal ini, dan hasilnya pelanggan menjadi tidak nyaman berbelanja di sana dan memilih berbelanja di kompetitior lain.

8. Sumber Daya Manusia (SDM) Kurang Memadai
Sebagai pebisnis harus memiliki pengetahuan yang cukup. Selain itu, orang-orang yang bekerja pada usaha bisnismu juga harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjalankan tugasnya masing-masing. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang rela memberikan pelatihan atau training secara khusus.

9. Tidak Mampu Membuat Keputusan Besar
Kamu mungkin pernah menunda-nunda ketika akan mengambil suatu keputusan bisnis. Mengambil keputusan bisnis pada akhirnya akan menentukan masa depan perkembangan bisnismu. Realitanya, seiring berjalannya waktu, pengambilan keputusan bisnis bisa jadi akan semakin sulit. Sebagai pemilik bisnis, kamu akan sering menghadapi kondisi semacam ini –mengambil keputusan tanpa adanya pilihan yang jelas.

10. Bertahan pada Zona Nyaman
Syarat menjadi pemilik bisnis adalah mau untuk terus belajar dan belajar. Pada umumnya pemilik bisnis mempunyai rencana yang sangat besar di awal. Namun, seiring berjalannya waktu, setelah ada dari rencana tersebut yang dijalankan, mereka akan berhenti di suatu level dan menetap. Mereka merasa jika pencapaiannya saat ini sudah cukup, padahal persaingan di luar sana selalu mengalami perubahan. Untuk itu, selalu lakukan evaluasi dan inovasi yang tepat.

Kamu sudah mengetahui apa saja faktor penyebab bisnis menjadi tidak berkembang. Jika kamu merasa bisnismu berada dalam kondisi stagnan dan tidak berkembang, cobalah perbaiki penyebab-penyebabnya yang telah diuraikan di atas. Jika masih bingung harus memulai dari mana? Kamu bisa hubungi kami untuk konsultasi permasalahan bisnismu. Kami akan bantu menyelesaikan semua permasalahan bisnismu.