Pilih Laman

Kegagalan dalam berbisnis termasuk hal yang sangat wajar bukan bagi pengusaha ? Apa aja sih penyebab pengusaha sampai bisal mengalami kegagaln dalam berbisnis ? Yuk Simak artikel berikut!

 

 

Dalam berbisnis kegagalan merupakan suatu hal yang tidak bisa para pengusaha hindari. Kegagalan dalam berbisnis bisa terjadi kepada siapa saja yang akan melakukan kegiatan bisnis serta kita juga tidak dapat menduga kapan hal tersebut terjadi kepada kita semua.

Ada banyak faktor yang menyebabkan bisnis anda gagal hingga bangkrut. Faktor- faktor tersebut sering ada pada faktor internal. Untuk mengantisipasi hal tersebut anda perlu tau faktor penyebab kegagalan dalam berbisnis.

 

1. Tidak ada perencanaan 

 

 

Dalam melakukan kegiatan bisnis sebaiknya anda melakukan perencanaan terlebih dahulu. Sebab, apabila anda tidak melakukan perencanaan yang matang maka bisnis anda tidak akan bisa mencapai tujuannya. Kegagalan bisnis sering terjadi kepada para pelaku bisnis yang tidak mempunyai perencanaan yang matang. Dengan adanya perencanaan anda dapat menjadikan alat untuk pengendalian kegiatan operasional perusahaa anda. Selain itu, anda juga dapat memilih hingga menetapkan kegiatan yang anda perlukan dan yang tidak anda perlukan serta anda dapat melakukan kegiatan secara teratur sesuai dengan langkah-langkah yang sudah anda tentukan. Maka apabila anda tidak ingin mengalami kegagalan dalm berbisnis sebaiknya anda membuat sebuah perencanaan terlebih dahulu. Anda dapat menggali informasi lebih banyak tentang bisnis tersebut tentang bagaimana dan dimana anda dapat membeli bahan bakunya, siapa yang menjadi target anda dalam pemasaran produk anda hingga bagaimana cara untuk memasarkannya. Apabila anda ingin bisnis anda suukses dan berjalan sesuai dengan rencana sebaiknya anda melakukan survei pasar dahulu.

 

2. Kolaborasi dengan Pihak yang tidak tepat

Melakukan kolaborasi dalam berbisnis merupakan hal yang sering kita temui. bekerja sama dengan pihak – pihak tertentu dapat kita percaya bahwa dapat mendongkrak profit anda supaya meningkat. Hal tersebut dapat terjadi apabila anda mencari tahu segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan atau orang. Anda bisa mencari track record kerja sama dengan pihak lain apakah perusahaan atau orang tersebut mempunyai kinerja yang baik atau kinerja yang buruk. Selain itu, anda juga dapat mengetahui bagaimana prestasinya atau produksi yang klien anda hasilkan.

 

3. Manajemen yang buruk 

 

Penyebab kegagalan bisnis yaitu salah satunya adanya manajemen yang buruk. Anda tidak harus memiliki latar belakang manajemen atau akuntasi agar dapat menjadi pebisnis sukses. Tetapi anda dapat belajar membuata arsip dan catatan yang baik atas setiap tranaksi yang terjadi.  Selain itu anda tidak ada salahnya untuk membuat catatan yang rinci mengenai tahapan yang telah anda lakukan. Dengan demikian apabila anda melakukan pencatatan yang baik maka anda dapat mengevaluasi apakah bisnis yang sudah anda lakukan berjalan dan apakah semakin dekat dengan keuntungan berlipat ataukah sebaliknya bisnis anda mengalami ancaman kebangkrutan. Oleh sebab itu anda harus dapat memanajemen dengan baik.

 

4. Tidak mempunyai fokus dalam berbisnis

Fokus dan konsisten adalah modal yang wajib pelaku bisnis untuk miliki sebelum membuka sebuah bisnis. Apabila anda bisa fokus dengan bisnis yang anda jalankan maka anda juga harus memikirkan segala sesuatu agar bisnis tersebut bisa sukses. Dengan anda fokus dalam berbisnis anda akan lebih mudah untuk mengevaluasi dan bisa melihat kekurangan yang ada pada bisnis yang anda jalankan.

 

5. Wawasan bisnis yang terbatas

 

 

Terbatasnya wawasan tentang bisnis menjadi penyebab kegagalan anda berikutnya. wawasan merupakan kunci dari kesuksean bisnis anda. sebelum anda terjun ke dalam dunia bisni anda harus mempersiapkan wawasan yang cukup sehingga tidak muah panik, tidak buru buru memberi keputusan serta tidak bingung apabila anda sedang menghadapi masalah dan lain sebagainya. Adanya tingkat wawasan bisnis yang tinggi akan membantu anda mempunyai rasa percaya diri yang tinggi.

 

6. Tidak dapat mengontrol laju keuangan 

Keuangan merupakan hal yang sangat sensitf pada setiap jenis bisnis. Salah satu penyebab kegagalan berbisnis adalah keuangan yang tidak terkontrol. sebab, jika laju keuangan tidak terkontrol, pemasukan dan pengeluaran tidak jelas maka kegiatan bisnis yang anda jalankan akan berhenti. Hal tersebut dapat terjadi karena anda tidak cukup dana serta tidak mengetahui besara keuntungan yang telah anda dapatkan sehingga bisnis anda tidak bisa anda kembangkan. Mengkontrol laju keuangan dapat anda mulai dengan melakukan pencatatan keuangan yang baik dari pemasukan hingga pengeluaran segala sesuatunya.

 

7. Tidak dapat berinovasi

Salah satu penyebab kegagalan bisnis yaitu anda tidak bisa berinovasi. Apabila anda tidak bisa berinovasi dan mempunyai hal yang baru yang bisa anda pasarkan maka anda akan kalah bersaing dimana anda tidak dapat terus eksis dalam banyaknya permintaan pasar. Jika hal tersebut terjadi dapat anda pastikan anda akan menutup bisnis anda lantaran kalah daya saing dengan para pesaing yang telah melakukan banyak inovasi.

 

Nah, berdasarkan artikel tersebut.  Apakah anda siap untuk meraih kesuksesan dalam bisnis anda ?. Konsultan.co dapat membantu anda untuk meraih kesuksesan anda dan membantu untuk menaikkan omset anda loh!.

Hubungi kami untuk proses assessment awal dan konsultasi lebih lanjut.

 

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

 

Kami Hadir di :

  1. Premier Estate 2 – Bekasi
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :

Reko Prabowo

081398646177