Perencanaan bisnis bagi seorang pemula merupakan hal yang sangat kalian perlukan sebelum merancang bisnis. Kira-kira apa aja sih yang harus kalian rencanakan atau siapkan sebelum membangun bisnis? yuk simak !

Definisi dari perencanaan bisnis yaitu pernyataan yang menyajikan gambaran bisnis, produk maupun layanan yang anda akan tawarkan. Manfaat dari perencanaan bisnis yaitu yang pertama anda akan tetap berada pada strategi anda. Kedua tujuan bisnis anda menjadi lebih jelas. Ketiga, Perkiraan anda akan menjadi lebih baik. Keempat, Prioritas anda akan lebih masuk akal. Kelima, anda akan lebih memahami interdepensi. Keenam, Milestone akan membuat anda tetap pada jalur. Ketujuh, pendelegasian anda akan lebih baik. Kedelapan, mengelola anggota tim dan melacak hasilnya akan menjadi mudah. Kesembilan, anda dapat lebih baik merencanakan dam mengelola arus kas. Dan kesepuluh, koreksi tertentu dapat menjaga bisnis anda.

Nah, dari manfaat perencanaan bisnis di atas tentunya anda pasti sudah memiliki gambaran seperti apa tentang perencaan bisnis tersebut. Mari kita bahas tips perencanaan bisnis yang sederhana untuk pemula!.

1. Jenis Usaha

Sebelum anda memulai untuk akan menjalankan bisnis hal yang pertama yang anda dapat lakukan yaitu memikirkan jenis usaha yang cocok untuk anda, yang sesuai dengan passion yang anda miliki dan memiliki value yang penting bagi masyarakat. Anda dapat memilih jenis usaha jasa atau dagang yang cocok untuk anda. Contoh jenis usaha jasa yang lagi marak yaitu jasa pembuatan website. Untuk jenis usaha dagang yang lagi marak itu misalnya jual frozen food, jual peralatan bayi dll.

2. Lokasi

Memilih lokasi merupakan hal yang perlu anda pertimbangkan matang – matang karena dengan adanya lokasi yang strategis akan berpengaruh dengan meningkatnya penjualan juga orang akan lebih banyak mengenal bisnis yang anda jalankan khusus untuk usaha offline harus banget memilih lokasi yang strategis. Anda juga harus menyesuaikan budget yang anda miliki untuk menyewa ruko atau membeli ruko dengan bisnis apa yang anda jual. Karena, misalnya nih anda menyewa ruko dengan harga 100 juta pertahun sedangakan bisnis yang anda lakukan ini kira-kira paling besar omsetnya 20 jt perbulan. Maka, kalian akan mengalami kerugian karna sekitar 40 persen dari omset anda akan habis untuk membayar sewa. sedangkan profit yang anda miliki perbulan bisa mencapai paling banyak 10 persen dari omset anda. Jadi kesimpulannya kalian harus memilik lokasi yang strategis sesuai dengan budget anda tanpa mengurangi untung dan omset penjuaan anda.

3. Modal

Dalam perencanaan bisnis kalian wajib menyiapkan modal terlebih dahulu karena modal merupakan hal yang paling krusial. Tidak sedikit orang yang bercita-cita untuk menjadi pebisnis tapi modal yang mereka miliki sangat kurang. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat menarik investor dengan cara mempunyai rencana bisnis yang detail, bagus dan rapi. Dengan mempunyai rencana bisnis tersebut makan anda akan lebih mudah untuk mendapatkan dana dari kreditor maupun dari lembaga keuangan lainnya.

4. Strategi Pemasaran

 

 

Setiap perencanaan bisnis pasti akan mempunyai strategi pemasaran. Apabila anda menginginkan hasil yang baik serta maksimal anda harus memiliki strategi pemasaran yang baik juga. Strategi pemasaran yang dapat anda gunakan yaitu misalnya menawarkan diskon sampai banting harga untuk menaikkan brand anda anda juga dapat menggunakan sistem bundling harga seperti beli gula 1 kilo, minyak 2 liter ,beras 2 kilo hanya 50 ribu atau bisa juga beli beras 3 kilo free minyak 2 liter. Dengan adanya strategi tersebut akan dapat menari pelanggan untuk membeli barang anda.

5. Pemetaan Usaha

Tips terakhir untuk perencaan bisnis yang sederhana bagi pemula yaitu melakukan pemetaan usaha untuk melakukan peninjauan dan mengidentifikasi pada bagian yang membutuhkan jaringan yang kuat. Anda dapat memulai pemetaan orang yang ada di sekitar anda baik secara internal atau eksternal seperti pelanggan, pemasok dan pihak ketiga lainnya.

Nah, berdasarkan artikel tersebut. Apakah anda sudah mempunyai pandangan tentang perancangan bisnis anda dan memikirkan usaha sampingan apasih yang cocok?. Konsultan.co dapat memandu anda untuk merealisasikan bisnis yang anda inginkan loh!.

Hubungi kami untuk proses assessment awal dan konsultasi lebih lanjut.

 

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

 

Kami Hadir di :

  1. Premier Estate 2 – Bekasi
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :

Reko Prabowo

081398646177