Pilih Laman

Tips membuka cabang bisnis baru yang wajib kalian pahami !

Membuka cabang bisnis baru adalah pertanda perusahaan mengalami kemajuan serta pertumbuhan dan perkembangan yang semakin terlihat. Tidak sedikit para pelaku usaha berniat akan melebarkan sayapnya untuk membuka cabang bisnisnya. Alasan para pelaku bisnis yang berniat membuka cabang baru yaitu Karena meningkatnya permintaan dari konsumen. sehingga para pelaku bisnis mengharuskan untuk membuka cabang baru agar dapat menjangkau konsumen yang kebih banyak dan memberikan pelayanan yang bagus.

 

Alasan lainnya yang menjadi salah satu alasan para pelaku bisnis membuka cabang yaitu tentunya untuk melipat gandakan keuntungan atau untuk menambah profit. hal tersebut mereka lakukan apabila bisnis yang mereka jalankan mendapatkan respon yang bagus dari konsumen atau masyarakat dengan harapan mendapatkan hasil yang sama dengan pusatnya.

Membuka cabang bukanlah suatu hal yang mudah untuk para pelaku bisnis lakukan. Sebab, cabang bisnis baru membutuhkan perencanaan yang matang dan tepat sasaran agar mendapatkan hasil yang anda inginkan. tetapi apabila anda tidak bertekad untuk membuka cabang bisnis maka bisnis tidak akan pernah bisa maju dan berkembang. Pasalnya seorang pebisnis harus mempunyai karakter berani mengambil resiko dan tidak pernah berhenti melakukan inovasi seperti halnya dengan membuka cabang binis baru.

Lalu hal penting apa aja sih yang harus pebisnis lakukan ketika akan membuka bisnis cabang baru ? Yuk simak !

1. Bisnis Cabang Pertama harus Stabil

Mengapa bisnis pertama harus stabil dulu ? Ya, karena membuka cabang bisnis baru membutuhkan perencanaan yang matang, waktu dan perhatian yang banyak. Apabila cabang pertama anda belum dapat berjalan dengan stabil maka sebaiknya anda berfikir ulang mengenai keputusan yang anda ambil dalam membuka cabang bisnis baru tersebut. Sebab, jika ada terus memaksakan membuka bisni usaha baru pada saat bisnis pertama anda belum stabil maka anda akan menimbulakan risiko yang tak terduka atau kerugian yang tidak pernah anda inginkan.

2. Persiapkan Modal

 

 

Hal penting yang tidak bisa anda lewatkan yaitu menyiapkan modal. Ketika anda hendak membuka cabang bisnis baru anda harus memastikan jika bisnis pertama anda jalankan sudah berjalan dengan lancar. Dengan membuka cabang bisnis yang baru berarti anda akan mengalokasikan modal anda untuk membuka bisnis cabang baru tersebut. Modal tersebut bisa anda gunakan untu biaya keperluan, sewa tempat dan lain sebagainya. Untuk mempersiapkan yang akan mempengaruhi modal maka anda harus mempersiapkan modal yang cukup. Supaya dapat menopang usaha baru anda untuk memberi pasokan pada bisnis pertama anda. Agar tidak mengganggu usaha pertama yang anda bangun.

3. Lokasi Yang Tepat

Pada saat anda akan membuka cabang bisnis baru sebaiknya anda harus mempelajari lokasi usaha yang tepat. apakah nantinya lokasi tersebut mempunyai prospek yang baik untuk kedepannya.  Misalnya apakah lokasi yang anda pilih tersebut akan ramai nantinya dan apakah lokasi tersebut terjamin keamanannya. Nah, kesimpulannya anda harus tahu apakah nanti kedepannya cabang bisnis baru anda dengan lokasi yang baru akan menarik minat pelanggan.

4. SDM yang Memiliki Kompeten

 

 

Membuka cabang baru berarti meyakini anda bahwa siap dalam merekrut karyawan baru. Meskipun merupakan cabang baru bisnis tetapi hal ini tidak boleh anda remehkan loh. Sebab bisnis apapun pasti memerlukan sumber daya manusia yang berkompeten dan yang terpercaya. Cara menilai kompetensi sumber daya manusia dengan melihat skill yang mereka miliki dan melakukan tes psikologis. Agar anda dapat mengetahui karakter calon karyawan anda bagaimana yang cocok dengan anda. Perekrutan yang anda lakukan harus jauh-jauh hari karena apabila anda belum menemukan yang cocok dengan apa yang anda inginkan, Maka anda masih bisa membuka lowongan tersebut sampai cabang baru bisnis anda akan buka. Opsi lain apabila anda belum menemukan karyawan yang cocok yaitu dengan mempercayakan karyawan lama untuk mengelola sementara cabang bisnis baru anda.

5. Menggunakan Sistem Kontrol

Setelah melakukan hal – hal tersebut selanjutnya anda menyiapkan sistem agar apabila anda sedang ada keperluan luar kota anda teap dapat mengawasi bisnis cabang anda.  Anda wajib menggunakan sistem pencatatan accounting berbasis cloud yang dapat anda akses kapan pun dan dimana pun untuk dapat bisa mengawasi arus kas masuk dan keluar anda setiap harinya. Jadi dengan begitu anda dapat melakukan kontrol setiap saat. Dan yang pastinya dapat mengurangi kecurangan.

 

Nah, berdasarkan artikel tersebut.  Apakah anda siap untuk mengembangkan bisnis? Apakah anda sudah siap untuk membuka cabang bisnis baru  ?. Konsultan.co dapat membantu anda untuk mengembangkan bisnis yang anda inginkan dan membantu anda membuka cabang bisnis baru anda loh!.

Hubungi kami untuk proses assessment awal dan konsultasi lebih lanjut.

 

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

 

Kami Hadir di :

  1. Premier Estate 2 – Bekasi
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :

Reko Prabowo

081398646177