Pilih Laman

Bulan Ramadhan segera tiba, dimana umat muslim seluruh dunia menantikan kehadiran bulan ini tidak terkecuali Indonesia. Tidak sedikit orang memanfaatkan bulan tersebut untuk berbisnis. Sebab, bulan ramadhan menjadi momen yang tepat para pebisnis untuk meningkatkan omzet. Nah, untuk mencapai hal tersebut para pebisnis perlu strategi yang cermat.

 

 

Untuk mempersiapkan hal tersebut perlu anda lakukan jauh – jauh hari. Sebab, akan ada permintaan yang meledak ketika andal mampu memilih strategi yang tepat. Strategi yang tepat anda perlukan agar tidak menjadi boomerang yang justru akan menghancurkan perusahaan anda.

Sisi lain juga terdapat pada pola belanja yang berbeda saat bulan ramadhan dengan bulan biasanya. Kebanyakan masyarakat berbeanja dua kali lipat lebih banyak saat bulan ramdhan. Sebab, tidak sedikit masyarakat yang berbelanja langsung pada satu waktu misalnya hanya berbelanja pada saat pagi hari kemudian untuk menu buka puasa sekaligus sahur. Tetapi hanya komoditi tertentu yang banyak permintaan dari konsumen seperti makanan, perlengkapan ibadah, hinnga pakaian.

Hari menjelang ramadhan merupakan masa belanja online tersibuk, membuat banyak pelaku bisnis tergiur dengan manfaat menyusun strategi digital marketing. hal tersebut para pebisnis lakukan untuk meningkatkan value atau nilai jual dari e-commerce.

Anda wajib banget menyiapkan ketersediaan stok barang yang anda jual ketika anda sedang mengahdapi permitaan pasar yang begitu tinggi selama bulan ramadhan. Lalu startegi marketing apa yang tepat menjelang bulan ramadhan agar mendatangkan permintaan yang tinggi .

Strategi marketing yang tepat menjelang bulan ramadhan sebagai berikut:

1. Memulai lebih awal untuk promosi

 

 

Startegi yang pertama yaitu memulai mempromosikan barang anda lebih awal. Sebab, Dengan mempromosikan lebih awal masyarakat akan segera mempersiapkan segala sesuatu terkait kebutuhan dan keperluan untuk ibadah puasa mereka sebelum memasuki bulan ramadhan. Rata-rata masyarakat mulai mencari artikel atau konten yang berkaitan dengan bulan ramdhan. Masyarakat mencari konten sekita seminggu sebelum bulan ramadhan. Oleh karena itu, mulailah lebih awal dalam memproosikan usaha anda seminggu sebelum bulan ramdhan.

Apabila anda mencuri start terlebih dahulu dalamm mempromosikan produk anda, maka anda lebih bebas untuk berkreasi dan  memberikan rem bagi pesaing anda. Karena, anda dapat mengecilkan hati pesaing anda yang telah mempersiapkan produk yang sama tetapi terlambat dlam mengiklankannya.

2. Merubah Agenda Posting Konten

Strategi yang kedua yaitu merubah agenda posting konten. Apa sih maksudnya ?. Maksudnya adalah ada harus memahami kapan waktu terbaik posting pada media sosial. Tentunya berkaitan dengan bulan suci ramadhan jadwal dalam memposting produk pasti ada sedikit perubahan. Misalnya, biasanya anda memposting pada saat jam-jam istirahat tetapi, ketika buan ramadhan anda memposting konteng pada saat jam 2 sampai dengan jam 5.

Kenapa Demikian?. Karena pada waktu tersebut tidak sedikit pengguna yang bermain media sosial pastinya mereka akan mengecek handphone bersamaan dengan sahur maupun pada saat buka puasa. Nah, dari strategi tersebut masih belum yakin untuk melakukannya?

3. Promo atau Paket Bundling Ramadhan

 

 

Strategi memberikan promo atau paket bundling ramadhan dapat pebisnis percaya akan meraup keuntungan yang sangat banyak. Apabila anda mempunyai produk yang tidak ada hubungannya dengan bulan ramadhan maka anda dapat memberikan diskon hingga bonus untuk masyarakat yang telah membeli produk anda.

Tetapi jangan lupa selalu menyertakan jangka waktu yang sesuai. Tidak perlu terlalu cepat juga tidak perlu terlalu lambat. Anda dapat mengguakan sistem promo pada saat hari tertentu agar pelanggan anda segera melakukan transaksi tersebut.

4. Membuat Produk Spesial Lebaran

Denngan memanfaatkan momen ramadhan untuk anda merilis produk baru anda. apabila anda memiliki menu baru dengan promo yang hanya beberapa pcs saja, maka akan membuat para konsumen tertarik dengan menu baru yang akan anda luncurkan.

5. Memasarkan produk secara tepat

 

Strategi ini merupakan sebuah PR untuk anda. sebab anda tidak bisa jika harus mempromosikan produk hanya pada saat bulan ramdhan saja. Tetapi anda harus mempromosikan dengan menggunakan strategi marketing yang tepat untuk dapat menarik minat para konsumen, baik pelanggan setia maupun masyarakat yang belum pernah membeli produk anda. Promosi dapat anda lakukan bisa melalui brosur hingga media sosial.

6. Mengelola keuangan bisnis anda dengan baik

Strategi yang tidak boleh anda lewatkan yaitu mengelola keuangan dengan baik pada bisnis anda. Jangan sampai anda berbisnis makin rugi padahal anda ingin berbisnis saat bulan ramdhan mengiinginkan omzet yang besar tentunya. Agar pengelolaan keuangan dalam bisnis anda akurat maka anda harus meakukan pembukuan yang tepat.

Nah, berdasarkan artikel tersebut.  Apakah anda siap untuk menerapkan strategi marketing menjelang bulan ramadhan ? Apakah anda sudah siap untuk meraup keuntungan ?. Konsultan.co dapat membantu anda untuk memulai bisnis sembako anda agar omsetnya meningkat serta membantu anda untuk melakukan pembukuan loh!.

Hubungi kami untuk proses assessment awal dan konsultasi lebih lanjut.

 

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

 

Kami Hadir di :

  1. Premier Estate 2 – Bekasi
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :

Reko Prabowo

081398646177