5 Strategi Bisnis Untuk Mencetak Uang di Era New Normal

Bisnismu Mau Berkembang Pesat! Intip Strategi Bisnis Di Bawah Ini!

Perekonomian dan aktivitas bisnis sudah terlihat mulai bergerak kembali. Kita berhadapan dengan situasi new normal. Para pebisnis akan menghadapi tantangan untuk kembali new normal setelah dihantam oleh pandemi COVID-19. Banyaknya faktor yang terjadi membuat para pemilik bisnis harus mampu muncul dengan strategi bisnis yang benar-benar tidak biasa di new normal ini. Artinya kamu perlu untuk memastikan kesehatan karyawan. Selain itu, adanya lagi dengan perkiraan kembalinya permintaan pasar seperti sebelum era COVID-19, bagaimana kondisi pasca pandemi akan mengubah operasional bisnis, hingga perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja di era new normal. Nah, kali ini kita akan kupas tuntas mengenai strategi bisnis di era new normal. Come on!

Apa Saja Sih Strategi Bisnis di Era New Normal? 

 

1. Ketahui Target Konsumen Bisnis Anda

Perlu kamu ketahui bahwa ketika fase new normal baru berlangsung, perilaku, prioritas konsumsi dan daya beli masyarakat bisa saja berubah. Maka dari itu, jika kamu menyasar konsumen dengan perilaku konsumtif kini setidaknya harus shifting ke konsumen lowerdanmiddle class yang biasanya lebih hemat dan membeli produk lebih sedikit. Strategi ini tentu akan mempengaruhi aspek lain seperti pemasaran, penentuan harga, hingga proses produksi barang dan jasa.

Setelah kamu mengetahui target konsumen, kamu bisa memulai untuk membuka bisnis yang telah kamu planning sebelumnya. Kamu bisa mulai untuk fokus dalam memaksimalkan target penjualan dan meminimalkan jumlah pengeluaran. Dengan strategi tersebut kamu akan berhasil mendapatkan keuntungan sesuai yang kamu harapkan.

 

2. Mengembangkan Permintaan Pasar 

Sebagian besar penurunan pendapatan bisnis berasal dari merosotnya permintaan pasar. Oleh sebab itu, bisnis perlu terhubung kembali dengan basis pelanggannya dan mendorong munculnya permintaan dari pasar. Para pemilik bisnis perlu mengidentifikasi potensi keuntungan, menyesuaikan harga tapi bukan berarti merusak harga pasar, menjaga loyalitas pelanggan dengan berbagai kemudahan, memastikan strategi pemasaran dengan mencerminkan realita baru yang tengah kita hadapi, serta mengoptimalkan berbagai platform digital untuk pemasaran dan penjualan di era new normal ini.

Kamu ngga perlu menunda-nunda lagi, mengembangkan permintaan pasar ini tak kalah pentingnya juga loh! Kamu harus tau produk apa yang customer butuhkan setiap harinya, dengan memenuhi kebutuhan pasar itu akan membuka peluang bisnismu di era new normal ini.

3. Evaluasi Harga Produk Saat Era New Normal

Mengevaluasi harga produk agar tetap relevan juga menjadi strategi yang baik. Ketika new normal, kamu harus memikirkan kembali harga agar menarik minat konsumen. Dengan strategi ini, price war memang tak dapat dihindari. Kamu juga harus jeli dan memperhatikan kompetisi sehingga penurunan harga tidak membuat kerugian menjadi lebih besar. Selain mengurangi harga, kamu juga bisa menerapkan strategi group buying. Apa sih group buying itu? Yap, group buying adalah pembelian secara group (massal). Kamu pernah kan membeli produk satuan dengan lusinan, pasti harganya jauh berbeda bukan! Nah perbedaan harga tersebut bisa dikatakan sebagai group buying.

Strategi bisnis ini perlu kamu terapkan apalagi di era new normal sat ini. Mengapa? karena hal itu akan membuat konsumen membeli lebih banyak produk dengan anggapan harga yang lebih murah. Potongan harga hingga paket hemat dan grosir juga bisa diterapkan sehingga konsumen akan membeli dalam jumlah besar sekaligus.

 

4. Ciptakan Produk Inovatif 

Saat fase transisi menuju era new normal, konsumen diprediksi akan bersikap netral terhadap produk yang sudah mereka ketahui sehingga kamu disarankan untuk lebih menyakinkan calon pelanggan baru yang belum mengetahui produk sama sekali. Selain itu, konsumen juga akan lebih memilih produk yang serba guna, dengan kualitas dan harga yang terjangkau. Sederhananya adalah dengan membuat produk atau kemasan isi ulang. Konsumen akan memandang produk lebih ekonomis dan hemat sehingga mereka tertarik untuk membelinya. Kamu juga bisa membuat size produk menjadi lebih kecil sehingga konsumen bisa membeli dengan harga yang lebih ekonomis dalam jumlah besar.

5. Jualan Online Menjadi Syarat Yang Mutlak

Kebutuhan terhadap platform digital meningkat sangat pesat, baik bagi konsumen, pemasok, serta berbagai pihak yang terlibat dalam aktivitas bisnis secara umum. Hal ini perlu kamu respon untuk meningkatkan bisnimu ke depan. Transformasi ke platform digital harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen dan karyawan, di saat new normal. Sebagai contoh, kamu menyediakan platform yang sangat mudah untuk konsumen berbelanja dari rumah. Untuk mengimbanginya, kamu juga mungkin perlu untuk memberikan pelatihan terkait teknologi yang digunakan kepada karyawan dalam rangka mengoptimalkan proses kerja dan pelayanan konsumen.

Sangat mudah bukan strategi bisnis di atas! Wajib nih bagi pebisnis untuk kamu cobain. Pasti deh kamu akan ketagihan dengan strategi bisnis tersebut. Kamu ngga perlu khawatir rugi atau bangkrut, karena semua permasalahan itu pasti ada sebuah solusinya. Keep spirit!

Buka peluang bisnismu bersama tim konsultan kami. Disini kamu bisa berkreasi dan menumpahkan seluruh ide bisnis yang akan kami bantu untuk merealisasikannya! Konsultasi Gratis Disini!

Cek link dibawah ini untuk mendapatkan penawaran khusus dari kami!

Baca Juga artikel kami :

Kami Hadir di :

Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

konsultanmanajemen.asia

konsultanbisnis.id

konsultan.co

 

Instagram :

konsultanco
konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :
Reko Prabowo (081398646177)