Tanda atau Sifat Pengusaha Sukses?

(Sifat pengusaha sukses) Pernahkah Anda berpikir bahwa menjadi pengusaha sukses adalah hal yang sebenarnya bisa dibilang susah-susah gampang? Banyak tantangan dan prasyarat yang harusnya dihadapi untuk membantu bisnis tetap berkembang. Salah satunya adalah sifat pengusaha sukses yang wajib dimiliki.

Jika Anda adalah pengusaha muda yang ingin baru saja terjun di dunia bisnis, ada beberapa sifat pengusaha yang perlu Anda miliki untuk membantu Anda menghadapi puncak kesuksesan bisnis Anda. Sifat-sifat ini sering ditemukan dalam kisah inspiratif pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia maupun dunia.

Nah, apakah Anda tertarik untuk memilih jalur sebagai pengusaha, Anda harus simak artikel ini sampai habis ya.

1. Berpikir dan Bertindak Kreatif Inovatif

sifat pengusaha sukses

Selalu berpikir kreatif dan inovatif (Sumber: Light House Training and Consultacy)

Apa yang ada di benak Anda ketika seseorang tersebut harus memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif?
Pada dasarnya berpikir kreatif mampu memudahkan kita sebagai pengusaha untuk melihat peluang-peluang dan potensi ke depannya dengan kemunculan gagasan segar dan out of the box!
Sifat ini mampu memberikan Anda sebuah insght baru untuk terus berkembang dan terus bertindak untuk menemukan inovasi baru demi pertumbuhan bisnis Anda. Kuncinya disini adalah pikiran kreatif dan inovatif harus bisa dikesinambungkan sehingga bisa menghasilkan output yang baik tanpa hanya dipikirkan dalam angan-angan dan dilontarkan manis lewat mulut saja.

2. Sifat Mandiri Adalah Dasar

 

sifat pengusaha sukses

Kemandirian adalah sifat dasar pengusaha (Sumber: YourStory)

Kemandirian adalah menjadi salah satu syarat mutlak untuk menjadi seorang pengusaha. Kok bisa? Ya memang sudah gitu hukumnya, awal dari usaha selalu dimulai seorang diri. Riset sendiri, buat gagasan sendiri, bahkan produksi sendiri! Memang tidak ada salahnya Anda meminta bantuan rekan atau saudara untuk ikut memberikan masukan terkait inovasi usaha. Tapi, setidaknya sifat dasar kemandirian wajib dimiliki, untuk siapapun juga.
Yakin akan kemandirian dan kemampuan diri sendiri adalah hal baik yang dapat menunjang keberhasilan bisnis Anda di awal merintis. Anda sudah masukkan sifat ini dalam list?

3. Tertantang Untuk Selalu Ingin Maju

Sifat pengusaha berikutnya yang harus dimiliki adalah sifat ingin maju. Sifat selalu ingin maju dapat ditumbuhkan dengan berusaha berpikir positif dan optimis untuk bisa. Maju disini adalah dalam artian berani mengambils sikap terhadap kemungkinan yang akan terjadi kedepannya. Dengan perencanaan bisnis yang matang dan mampu dipertanggungjawabkan akan membuat Anda terbiasa memperoleh insight yang positif yang akan bisa di implementasikan ke dalam bisnis Anda.
Berani mencoba tidak ada salahnya loh! Berani mencoba untuk pakai strategi baru, berani mencoba untuk membuat produk baru. Ini baik sekali untuk dilakukan asalkan, tidak diluar batas kemampuan. Semua tetap direncanakan dengan baik dan matang untuk bisa terwujud tanpa mengabaikan kapasitas diri sendiri ya.

4. Pekerja Keras dan Tekun

sifat pengusaha sukses

Terus bekerja keras untuk capai tujuan (Sumber: Freepik)

Pekerja keras adalah hal yang wajib dimiliki oleh pengusaha sukses. Bagaimana tidak? orang-orang yang suka bekerja keras adalah orang-orang yang berpikir bahwa hasil terbaik diperoleh melalui perjuangan. Mereka tidak mudah mengeluh, menganggap pekerjaan yang mereka lakukan adalah hal yang menyenangkan, dan tidak ada rasa terpaksa dalam melaksanakannya.
Semuanya butuh proses tidak ada yang instan. Hasil dan pencapaian yang luar biasa dapat terbentuk melalui proses perjuangan dan perjalanan yang panjang. Sudah siap memiliki sifat yang ini?

5. Tidak Cepat Puas

Salah satu sifat yang wajib dimiliki pengusaha sukses adalah tidak cepat puas. Dalam perjalanan, Anda akan berhasil mencapai target-target yang Anda patok. Mungkin Anda akan mencapai target penjualan. Anda mungkin berhasil meraih profit tertinggi dalam karier Anda.

Keberhasilan-keberhasilan tersebut tidak seharusnya membuat Anda cepat puas. Ketika Anda cepat puas, Anda akan merasa aman dan nyaman. Zona aman adalah jebakan yang membuat Anda lupa bahwa Anda tidak boleh merasa cepat puas

Penting untuk memiliki 5 sifat pengusaha sukses untuk mendapatkan peluang kesuksesan berbisnis, seperti halnya 5 sifat diatas. Semuanya saling berkesinambungan untuk memperoleh kebaikan dalam berbisnis. Tidak ada yang paling dominan, semuanya bersatu padu untuk mencapai keseimbangan perolehan dalam seluruh lini berbisnis. Dari kelima sifat diatas, mana yang paling sulit untuk direalisasikan dalam kehidupan berbisnis Anda?

Ketika Anda bingung untuk memulai bisnis atau memperbaiki bisnis darimana, kami selalu tersedia untuk Anda. Tunggu apa lagi? Yuk, coba konsultasi gratis sekarang dan mudahkan bisnismu bersama Konsultan.co!

Baca Juga artikel kami :

Kami Hadir di :

Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

Website :

konsultanmanajemen.asia
konsultanbisnis.id

Instagram :

konsultanco
konsultanco.bisnismanajemen

KONTAK KAMI :
Reko Prabowo (081398646177)