Mengejutkan! 5 Sektor Bisnis Ini Tahan Krisis saat Pandemi

Apa Saja Sih Peluang Bisnis yang Bertahan Saat Pandemi?

Pandemi membuat bisnismu semakin lesu! Ya, pandemi kini membuat rasa cemas dan panik bagi para pelaku bisnis. Bagaimana tidak! hampir seluruh sektor bisnis di Indonesia ini terdampak akibat adanya Covid-19. Lalu dampaknya apa jika hal ini terjadi? Pastinya, para pelaku bisnis akan mengalami penurunan omset secara drastis, selain itu banyak pengangguran yang akan berserakan di jalan-jalan. Kamu mau seperti itu? Atau kamu ingin bangkit dari keterpurukan tersebut! Kondisi ini memang sangat menyisakan ketidakpastian, sehingga para pelaku bisnis harus was-was terhadap usaha yang mereka geluti saat ini.

Gimana sobat, bisnis kamu aman di kondisi yang seperti ini? Mengamati kondisi tersebut, kamu harus mampu untuk mencari di setiap peluang yang ada tanpa terikat di momentum tertentu. Peluang bisnis saat pandemi sangatlah banyak, kamu perlu untuk menganalisis profil di dalamnya. Kuncinya kamu harus tau kebutuhan pasar saat ini yang belum dipenuhi seutuhnya. Selain itu, kamu juga harus tau siapa konsumen di dalam bisnismu. Jangan sampai kamu membuat bisnis yang tidak tau planning ke depannya seperti apa. Kondisi pandemi seperti ini wajib banget buat kamu untuk mempertahankan bisnisnya. Lalu bisnis apa yang cocok bertahan di saat pandemi ini? Simak, ini dia penjelasannya!

 

Intip! Ini Dia Rahasia Sektor Bisnis yang Bertahan Saat Pandemi

 

1. Bisnis Kuliner

Kalian sadar ngga sih bisnis kuliner ini dinilai sebagai salah satu sektor bisnis yang tahan krisis saat pandemi. Mengapa demikian? Karena setiap masyarakat selalu membutuhkan makanan dan minuman dalam kondisi apapun, bahkan dalam kondisi yang sedemikian sulitnya. Jadi, kamu ngga perlu heran kalau bisnis ini selalu ramai pengunjung di setiap harinya. Fakta yang tak kalah menarik dari bisnis kuliner ini adalah kamu hanya memerlukan modal yang tidak begitu besar, tenaga kerjanya pun juga tidak perlu banyak-banyak. Tapi margin laba yang kamu dapatkan cukup besar dan perputaran arus kasnya pun sangat cepat.

Siapa sih disini yang ngga mau bisnisnya itu lancar? Ngga ada kan? Pastinya semua orang menginginkan bisnisnya mengalami peningkatan pendapatan, salah satu caranya adalah kamu harus berinovasi sesuai dengan perubahan perilaku pelanggan dari tahun satu ke tahun berikutnya. Tujuannya apa? Agar pelanggan tersebut tidak bosan terhadap kuliner yang sedang kamu jual. Masih tidak percaya, Yuk buktikan!

 

2. Bisnis Kebutuhan Bahan Pokok

Selain bisnis kuliner, bahan pangan pokok adalah salah satu kebutuhan utama dalam masyarakat. Yap! Dalam kondisi apapun masyarakat selalu membutuhkan bahan pangan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu jauh-jauh, anggap saja di rumah kamu tidak ada persediaan beras dalam tiga hari ke depan, kebetulan di daerah rumah kamu semua bisnis retail sedang tutup. Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk bertahan dalam tiga hari ke depan? Apakah kamu setiap hari harus membeli nasi dan lauk pauk di warung? Tidak mungkin, kamu harus mampu menciptakan inovasi dan kreativitas untuk dirimu sendiri.

Caranya bagaimana? Lakukan riset bahwa kebutuhan pelanggan selain kuliner adalah bahan pangan pokok, kamu tidak perlu takut bangkrut. Kamu hanya cukup melakukan manajemen keuangan secara cermat dan akurat. Khususnya dalam mengelola modal untuk perputaran uang. Sehingga kamu bisa mengambil peluang emas tersebut, dan kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan di setiap pelanggan.

 

3. Bisnis Produk Kesehatan Medis

Pandemi kini membuat masyarakat dilanda rasa cemas dan khawatir. Pada dasarnya, masyarakat Indonesia akan tetap membutuhkan jasa layanan dan produk kesehatan medis dalam kondisi krisis sekalipun. Kamu ingat waktu pertama kali covid 19 ini muncul di Indonesia, apa yang terjadi? Yap, masyarakat berbondong-bondong membeli masker medis dan handsanitizer untuk kesehatan anggota tubuhnya. Bahkan sampai ada oknum yang menjual masker dan handsanitizer palsu, artinya apa? Produk kesehatan medis di tengah pandemi covid 19 sangatlah dibutuhkan masyarakat.

Sampai saat ini produk kesehatan medis tidak akan pernah surut dalam berbagai kondisi apapun. Selain masker dan handsanitizer, suplemen vitamin juga menjadi produk kesehatan yang sangat popular di tengah masyarakat. Kini adalah saat yang tepat jika kamu menciptakan sebuah peluang untuk membuka bisnis produk kesehatan medis. Jangan tunda lagi, eksekusi sekarang juga!

 

4. Bisnis Frozen Food

Pasti kamu sering dengar kan frozen food itu apa? Ya, frozen food merupakan olahan makanan setengah matang yang dikemas dan dibekukan untuk diolah kembali dengan cara memanaskannya. Kondisi pandemi yang seperti ini membuat tingginya permintaan konsumen terhadap frozen food. Mengapa demikian? Karena kebanyakan masyarakat kota biasanya memiliki kesibukan yang relatif tinggi dibandingkan dengan masyarakat desa.

Kehidupan masyarakat di perkotaan yang serba cepat menuntut adanya ketersediaan makanan yang cepat saji. Jadi, kamu tak perlu heran di supermarket atau minimarket daerah perkotaan banyak yang menjual makanan cepat saji, salah satunya adalah makanan beku (frozen food). Kepraktisan frozen food menjadi alasan setiap orang untuk mengonsumsinya. Tak hanya industri besar yang memasok kebutuhan tersebut, melainkan juga industri skala rumahan. Peluang membuka bisnis frozen food ini sangat besar, selain modalnya yang kecil kamu juga bisa membuka bisnis ini di depan rumahmu. Come On!!!

 

5. Bisnis Cake & Bakery

Bisnis kekinian yang masih mampu bertahan sampai saat ini adalah bisnis cake & bakery. Cake & bakery ini diyakini menjadi salah satu makanan sehat yang cocok dikonsumsi pada saat kondisi apapun. Ditambah lagi proses penjualannya yang didukung oleh platform digital membuat bisnis ini menjadi favorit di kalangan masyarakat.

Jika kamu ingin membuka bisnis ini,  kamu bisa mencoba melakukannya di rumah, tak perlu membuat banyak-banyak. Coba saja kamu membuat donat terlebih dahulu, bahan untuk membuat donat cukup simple kan? Ditambah lagi dengan harga bahan bakunya yang relatif murah. Jika kamu mampu menciptakan donat dengan cita rasa yang unik dengan harga yang relatif murah. Siapa sih yang ngga penasaran? Pastinya, jika memang kamu sukses untuk memperjualbelikan donat tersebut, berarti kamu siap untuk membuat bisnis cake & bakery secara home made. Kamu ga perlu khawatir gagal, karena mindset seorang pebisnis adalah kegagalan kunci menuju kesuksesan.

Bagaimana apakah kamu sudah ada pandangan atau insight terhadap beberapa peluang bisnis diatas? Atau justru kamu masih stuck disini saja dan belum mau cuan yang berlimpah? Kamu bakalan rugi kalau seperti ini terus. Jangan sia-siakan kesempatan. Coba lakukan salah satu dari kelima bisnis tersebut dan intinya tetap lakukan yang terbaik!

Buka peluang bisnismu bersama tim konsultan kami. Disini kamu bisa berkreasi dan menumpahkan seluruh ide bisnis yang akan kami bantu untuk merealisasikannya! Konsultasi Gratis Disini!

 

 

Cek link dibawah ini untuk mendapatkan penawaran khusus dari kami!

 

Baca Juga artikel kami :