Dalam menjalankan bisnis anda harus lebih dulu memahami resikonya dulu. Sebab, resiko yang terjadi dalam bisnis merupakan hal yang sangat wajar terjadi ketika anda menjalankan usaha.

 

 

Nah, untuk anda yang belum tahu tentang definisi risiko bisnis serta apa aja sih jenis resiko bisnis itu yuk simak!

Secara garis besar risiko bisnis merupakan sebuah ketidakpastian yang akan perusahaan hadapi dan yang dapat menyebabkan kerugian atau kegagalan bisnis. Risiko bisnis juga dapat anda artikan sebagai probabilitas yang gagal dalam pengoperasian organisasi dan lingkungan yang dapat menganggu kemampuan organisasi dalam perusahaan untuk pengembalian investasi. Kesimpulan dari defiinisi risiko sendiri yaitu sebuah variasi dari hasil-hasil yang sering terjadi pada masa periode tertentu.

Manajemen risiko adalah salah satu hal yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis pada perusahaan. Sebab, apabila perusahaan semakin berkembang dan kompleksitas aktivitas perusahaan sedang meningkat maka dapat mengakibatkan tingkat risiko juga akan meningkat. cara mengimplementasi manajemen risiko yaitu dengan cara melindungi perusahaan dari kerugian yang akan timbul. tidak sedikit perusahaan yang mengelola risiko dengan cara menyeimbangkan antara strategi bisnis dengan pengelolaan risikonya sehingga perusahaan akan mendapatkan hasil yang optimal dari operasionalnya.

Jenis jenis risiko bisnis sebagai berikut:

1. Risiko Operasional

Jenis risiko bisnis yang satu ini mengacu pada kegagalan yang tidak akan anda harapkan. Biasanya sering terjadi pada kegiatan sehari-hari dalam perusahaan. Risiko dapat terjadi karena 2 faktor yaitu risiko dari internal dan risiko timbul dari eksternal perusahaan. Risiko yang berasal dari internal perusahaan seperti  ada kegagalan teknis, server yang sudah eror sampai bisa terjadi karena kesalahan pada karyawan. Sedangkan, risiko yang dapat terjadi dari eksternal perusahaan tetapi mempengaruhi operasi perusahaan yaitu seperti perselisihan kontrak dll.

Contoh risiko operasional yang bersumber dari manusia:

a. Terlalu tergantung pada karyawan kunci tertentu, sehingga apabila karyawan tersebut meninggal atau resign maka perusahaan akan menghadapi masalah.

b. Kurangnya integritas karyawan. Akibatnya karyawan tersebut bisa menggelapkan uang perusahaan serta melakukan aktivitas yang berada diluar wilayah otoritasnya.

Dari risiko manusia tersebut mengharuskan perusahaan agar memilih karyawan yang mempunyai kualifikasi pengalaman serta integritas yang anda perlukan.

Contoh risiko operasional yang bersumber dari sistem:

a. Kerusakan yang terjadi pada data

b. Kesalahan dalam pemrograman

c. Sistem keamanan yang kurang baik sehingga memungkinkan terjadi hacker

2. Risiko Keuangan

Jenis ini berkaitan dengan biaya ekstra yang dapat menyebabkan kerugian dalam pemasukan perusahaan. Risiko tersebut dapat terjadi pada arus masuk dan keluar dari perputaran bisnis yang anda jalankan serta mengakibatka kerugian financial. Hal ini rasio keuangan juga sangat berkaitan dengan pengaruh transaksi dalam neraca, kewajiban kontrak kerja, jatuh tempo pembayaran utang, risiko likuiditas perusahaan serta hal-hal lainya yang dapat mengurangi fleksibilitas keuangan. Risiko keuangan ini harus anda kelola dengan baik supaya perusahan tidak mengalami kerugian atau bahkan sampai perusahaan menglami gulung tikar.

Pentingnya manajemen risiko keuangan yaitu sebagai berikut:

a. Terdapat harapan besar dari investor pihak-pihak yang memiliki kepenting lainnya agar manajer dapat mengidentifikasi serta mengelola risiko pasar yang anda hadapu secara aktif.

b. Pertumbuhan jasa manajemen risiko yang cepat menunjukkan bahwa manajemen dapat meningkatkan perusahaan dengan cara mengendalikan risiko keuangan perusahaan.

3. Risiko Strategi

 

 

Salah satu jenis risiko akibat tidaktepaan dalam suatu pengambilan atau pelaksanaan suatu keputusan strategis serta kegagalan dalam mengantisipasi perubahan pada lingkungan bisnis. Timbulnya risiko strategi terjadi karena pertama,  kelemahan perusahaan dalam proes formuasi strategi dan ketidak tepatan dalam perumusan strategi. Kedua, sistem informai manajemen perusahaan yang kurang memadai. Ketiga, hasil yang anda peroleh dari analisis lingkungan internal dan eksternal yang kurang memadai. Keempat, penetapan tujuan strategis perusahaan yang sangat agresif. Kelima, ketidaktepatan perusahaan dalam mengiplementasikan strategi. Dan yang terakhir yaitu kegagalan perusahaan dalam mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis.

Cara mengimplementasikan manajemen risiko pada perusahaan yaitu pertama, dengan diadakannya pengawasan aktif dewan komisaris dan direksi. Kedua, adanya kebijakan dan prosedur manajemen risiko serta penetapan limit risiko. Ketiga, adanya proses pengidentifikasian pengukuran dan  pemantauan serta pengendalian risiko. keempat, adanya sistem pengendalian intern perusahaan.

4. Risiko Kepatuhan

Penilaian risiko kepatuhan bagi perusahaan yaitu hal yang sangat penting. Pasalanya risiko ini  dapat anda gunakan untuk mengidentifikai berbagai risiko yang dapat muncul pada lini bisnis dan produk atau layanan tertentu serta quality kontrol. dengan demikian penilaian risiko kepatuhan dapat anda pakai untuk mengelola dan mengurangi risiko tersebut. Cara menilai kepatuhan risiko kepatuhan yang efektif yaitu pertama, harus mengidentfikasi risiko. Kedua, melakukan pengukuran. Ketiga, melakukan pengendalian. Keempat, melakukan pemantauan. Kelima, melakukan pelaporan .

5. Risiko Pasar

 

 

 

Jenis risiko satu ini merupakan risiko yang dapat mempengaruhi semua perusahaan yang ada pada pasar. Terutama yang ada pada pasar saham. Definisi lain untuk resiko ini yaitu sebagai risiko keuangan finansial akibat pergerakan harga pasar. Risiko ini dapat anda kurangi dengan strategi lindung nilai terutama dengan mengguakan kontrak berjangka atau opsi. Meskipun risiko pasar tidak benar-bnar dapat anda hilangkan.

Nah, berdasarkan artikel tersebut. Apakah anda sudah siap mempunyai dalam berbisnis ? Apakah anda siap untuk mengembangkan bisnis?. Konsultan.co dapat membantu anda untuk mengembangkan bisnis yang anda inginkan loh!.

Hubungi kami untuk proses assessment awal dan konsultasi lebih lanjut.

 

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

 

Kami Hadir di :

  1. Premier Estate 2 – Bekasi
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :

Reko Prabowo

081398646177