Pilih Laman

Pernahkah anda mendengar kata bisnis waralaba ?

 

 

Ya, pada saat ini banyak masyarakat berlomba-lomba untuk dapat mendirikan bisnis waralaba sebab bisnis waralaba masyarakat percayai bahwa lebih menjanjikan serta lebih relatif mudah untuk anda jalankan daripada anda harus membangun usaha baru dari awal. Oleh karena itu tidak sedikit para pebisnis  mendirikan dan menawarkan bisnis waralaba tersebut.

Pengertian dari waralaba atau franchise yaitu pemberian sebuah lisensi dari suatu pihak perseorangan maupun perusahaan sebagai pemberi franchise atau franchisor kepada pihak lain sebagai penerima franchise atau franchisee untuk melakukan kegiatan bisnis dengan memakai merk dagang dan menggunakan keseluruhan sistem bisnisnya.

Tujuan dari membuka bisnis waralaba atau franchise yaitu untuk Pertama, memperlebar jangkauan usaha yang dapat meningkatkan pangsa pasar serta penjualannya. Kedua, dapat menggunakan modal orang lain untuk mengembangkan usaha dan memperluas cakupan layanan. Ketiga, dapat mengurangi risiko usaha sekaligus membagi keutungan kepada orang yang membeli waralaba atau franchise. Keempat, dapat meningkatkan omzet dan putaran bisnis dari pewarlaba. Dan Kelima, sebagai teknik untuk mempercepat waktu penetrasi pasar serta penguasaan pasar.

Lalu bagaimana sih caranya untuk mendirikan bisnis waralaba ? penasaran ? yuk simak!

Cara mendirikan bisnis waralaba atau franchise sebagai berikut:

1. Membuat Konsep

Sebelum anda membuka bisnis waralaba atau franchise anda harus menyusun konsep serta model bisnis untuk usaha waralaba anda. Sebab, salah satunya untuk menarik calon franchisee anda dan sebagai ciri khas serta keunikan bisnis anda dengan yang lainnya. Oleh karenanya, anda harus memikirkan matang-matang konsepnya agar masyarakat dapat lebih mengenal bisnis waralaba anda.

2. Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP)

Dalam mendirikan bisnis waralaba anda wajib menyusun standar operasional prosedur terutama untuk jenis waralaba makanan atau minuman. Hal tersebut berguna untuk mempermudahkan para mitra dalam pengoperasional usahanya. Adanya standar operasional perusahaan juga sebagai acuan dan penentu standar kualitas produk serta pelayanan bisnis anda. Standard operasional prosedur memuat beberapa poin seperti terkait penyimpanan bahan baku, tata cara menyajikan serta penanganan konsumen dan lain sebagainya. Sehingga franchisor dapat menjaga kualitas produknya dan dapat mempermudah mitra selaku franchisee dalam menjalankan bisnisnya.

 

3. Mendaftarkan Brand/Merek Anda

Maraknya tindakan plagiat membuat anda harus mendaftarkan brand atau merek dagang anda ke Dirjen Hak Kekayaan Intelektual untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak anda ingikan nantinya. Sebab apabila merek atau brand anda telah terdaftar pada DHKI  makan anda akan mendapatkan perlindungan hukum selama 10 tahun terhitung sejak tanggal penerimaan merek anda. Dengan adanya hak khusus tersebut maka orang lain tidak bisa menggunakan merk sembarangan kecuali sebelumnya mendapatkan ijin dari pemilik merek tersebut.

 

4. Menyiapkan laporan keuangan 

Mendirikan usaha waralaba sangat memerlukan laporan keuangan untuk mengetahui usaha tersebut berkembang. Seorang pengusaha wajib untuk memahami analisa laporan keuangan. Sebab, hasil dari laporan keuangan tersebut dapat membantu seorang pengusaha dalam mengambil keputusan terkait bisnis tersebut.

 

5. Melakukan Kajian Kelayakan Bisnis

Mengkaji kembali terkait kelayakan bisnis usaha yang akan anda waralabakan seperti dengan melakukan perhitungan mengenai lamanya modal agar dapat kembali saat usaha mulai beroperasi. Apabila waktu pengembalian modal tersebut pendek maka semakin bisa untuk menarik minat para pembeli usaha waralaba anda. Hal selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu memperkirakan seberapa kuat produk yang anda jadikan bisnis waralaba tersebut agar bisnis bisa berjalan kedepannya.

Nah, berdasarkan artikel tersebut.  Apakah anda siap untuk membuka bisnis waralaba ? Apakah anda sudah siap untuk mengembangkan bisnis waralaba anda agar omsetnya naik serta memperlebar jangkauan usaha anda ?. Konsultan.co dapat membantu anda untuk mengembangkan bisnis waralaba anda agar omsetnya meningkat serta jangkauan usaha anda meluas loh!.

Hubungi kami untuk proses assessment awal dan konsultasi lebih lanjut.

 

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

 

Kami Hadir di :

  1. Premier Estate 2 – Bekasi
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :

Reko Prabowo

081398646177