Pilih Laman

Apa itu Analisis Pasar?

 

 

Banyak kunci yang menghantarkan kita dalam sukses berbisnis, mulai dari modal yang cukup hingga produk yang dijual laris di pasaran. Nah, dari berbagai cara untuk menuju kesuksesan dalam berbisnis, ada satu hal yang menjadi kunci utama. Apa itu? Jawabannya adalah analisis pangsa pasar. Melihat dan memahami pasar yang akan ditentukan, maka dapat membuat kita memahami tentang siapa calon konsumen kita. Selain itu, kita juga mengetahui produk apa yang sekiranya sedang laris di pasaran dan cenderung fast moving. Kalau sudah begitu, kita akan mengetahui bagaimana strategi marketing yang tepat.

 

“Analisis pasar adalah melakukan analisis yang terjadi di suatu pasar atau mempelajari masalah pasar. Kegiatan analisis pasar mencakup analisis produk, perilaku pasar, segmentasi pasar, luasan atau besaran pasar, peluang pasar.”

 

Dari analisis pasar, kita dapat menyimpulkan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan di awal-awal berbisnis. Mengapa demikian? Jika kegiatan analisis pasar dilakukan di awal-awal dan dengan melakukan perencanaan yang tepat, maka kita dapat mencapai target perusahaan yang sudah ditentukan. Selain itu, hasil dari analisis pasar tersebut nantinya  akan bermanfaat untuk mengetahui potensi bisnis yang ada dan berapa lama suatu bisnis dapat bertahan. Berikut ini adalah manfaat yang akan didapatkan ketika kita melakukan analisis pasar demi perkembangan bisnis.

 

Pentingnya Melakukan Analisis Pasar

 

1. Bisa Menentukan Peluang Usaha atau Produk yang Akan DIjual

Merencanakan analisis pasar dapat menentukan peluang produk yang akan dijual, atau produk yang sesuai dengan bidang bisnis yang kita bangun. Karena pada dasarnya menganalisis tinjauan pasar itu adalah meninjau potensi apa yang bisa kita jual ke calon pelanggan kita. Peluang usaha bisa dihasilkan setelah kita mengetahui kebutuhan konsumen, produk yang sedang laris di pasaran, dan tren apa yang sedang dibutuhkan oleh calon pelanggan kita. Seperti misalnya, tren makanan frozen di pertengahan tahun 2020 yang sedang ramai diborong penjual. Tren ini tentunya terjadi karena adanya pandemi virus covid-19 yang mewabah ke seluruh dunia. Dilihat dari segi analisis, menjamurnya bisnis frozen food disebabkan karena tren dan mampu memenuhi atau menjawab masalah konsumen.

 

2. Bisa Menentukan Peta Persaingan Antar Kompetitor

Analisis pasar juga mencakup bagaimana kita dapat melihat strategi yang dilakukan oleh kompetitor dalam melancarkan aksi promosi bisnisnya. Hasil dari analisis ini, kita dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan pesaing. Sehingga, dengan begini kita dapat mengevaluasi apa yang sekiranya tidak dimiliki oleh pesaing. Kelemahan pesaing dapat digunakan motivasi untuk meningkatkan kualitas kita dan melengkapi apa yang dianggap kurang.

 

3. Meningkatkan Perkembangan Bisnis Sehingga Semakin Bisa Meraup Untung

Mengapa analisis pasar bisa meningkatlan perkembangan bisnis? Yap karena dengan melakukan analisis, kita akan mendapatkan data pasar dan data pesaing untuk melakukan proses selanjutnya. Data produk yang sudah diperoleh dan disesuaikan dengan produk kita,  maka kita hanya perlu meningkatkan kualitas barang produksi dan memaksimalkan marketingnya. Sebuah perusahaan yang memiliki data pasar dalam genggaman nya, maka potensi menguasai pasar akan lebih mudah. Dengan begitu keuntungan lebih cepat datang.

 

Langkah-langkah Tepat Melakukan Analisis Pasar

 

Setelah kita mengetahui manfaat yang diperoleh dari analisis pasar, kita akan belajar bagaimana cara mengetahui langkah-langkah menganalisis pasar yang didasarkan pada 5 hal ini.

1. Menentukan Pasar Yang Relevan

Pada awalnya ketika kita memulai suatu usaha, dengan kita melakukan analisis pasar terlebih dahulu dengan cara memahami kebutuhan dan keperluan yang banyak diminati oleh banyak konsumen. Seperti misalnya, yang banyak diminati oleh masyarakat, contoh analisis pasar produk makanan, dengan kita menganalisis produk makanan yang sedang banyak diminati dan dicari oleh banyak pelanggan, maka kita akan dapat peluang baru untuk mendapatkan target pelanggan yang sesuai.

 

Setelah kita mengetahui produk apa yang akan dipasarkan, kita harus menentukan tinjauan pasar yang mengarah kemana bisnis ini akan berkembang. Misalnya, produk makanan ini akan brtahan sampai tahun ke berapa? Apakah orang-orang akan selalu membeli produk makanan yang Anda jual atau justru hanya ikut hype nya saja?. Harus di tinjau secara seksama dan matang-matang ya.

2. Menentukan Segmentasi Pasar

Seperti yang dibahas di postingan Segmentasi Pasar Tepat Sasaran Adalah Kunci Sukses Menarik Customer!

Segmentasi pasar mencakup berbagai jenis seperti segmentasi pasar yang bergantung pada 5 hal berikut.

 

  • Demografi: Uraikan usia, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, dan banyak lagi khas pelanggan Anda. Jika Anda bisa melukis gambar pelanggan sempurna Anda, di sinilah Anda akan menggambarkan seperti apa mereka.
  • Lokasi: Jika Anda menemukan pelanggan di lokasi atau wilayah tertentu, jelaskan di sini.
  • Psikografis: Jelaskan suka dan tidak suka pelanggan Anda. Cara yang lebih baik untuk berpikir tentang psikografi adalah dengan memikirkan gaya hidup dan kepribadian pelanggan Anda.
  • Perilaku: Ini pada dasarnya adalah perpanjangan dari beberapa informasi psikografis Anda. Jelaskan bagaimana pelanggan Anda berbelanja dan membeli produk milik Anda.
  • Manfaat : Hal ini didasarkan pada sesuatu yang dapat memberikan manfaat bagi pelanggan. Apakah manfaat itu bisa memberikan kualitas yang baik, manfaat secara sosial, memberikan emosi positif atau negatif.

 

Di sinilah kita mengelompokkan jenis-jenis pelanggan yang serupa ke dalam segmen dan menggambarkan komponen dari setiap segmen. Dengan begitu, kita bisa menentukan promosi yang pas untuk kelompok pelanggan yang berbeda.

3. Menganalisis Tingkat Persaingan dengan Kompetitor

 

Persaingan Pasar

Ilustrasi Persaingan Pasar Antar Pebisnis

 

Menganalisis strategi kompetitor wajib untuk dilakukan, karena kita dapat mengetahui tingkat kelebihan dan kekurangn yang dimliki kompetitor. Kelebihan yang mereka punya dapat dijadikan bahan untuk memperbaiki produk yang kita miliki. Sedangkan kelemahan kompetitor bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan atau menciptakan fitur-fitur baru yang berbeda dari kompetitor. Dengan pengetahuan ini, kita dapat membedakan diri dengan menawarkan produk dan layanan yang mengisi kesenjangan yang belum ditangani pesaing.

 

Bagaimana caranya? Pura-pura jadi pelanggan mereka, survei lokasi, melihat akun e-commerce dan website mereka, bagaimana cara mereka melayani pelanggan. Setelah mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui “sedikit” strategi mereka, kita harus menemukan permasalahan dan mengatasi problem tersebut.  Caranya, Anda bisa menggunakan analisis SWOT.

 

4. Riset Harga yang Sesuai

Kita tidak bisa sembarangan dalam menentukan harga yang sesuai untuk produk yang dijual, harus sesuai dengan kualitas produk Tentu saja, kita harus memastikan bahwa harga Anda keluarkan sepadan dengan kualitas dan manfaat yang diberikan oleh produk kita Pelanggan biasanya menghubungkan harga tinggi dengan kualitas. Tetapi, jika kita menentukan harga tinggi, kita perlu memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemasaran juga terbilang tinggi.

 

 

Melakukan analisis pasar yang benar bisa menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan bagi bisnis yang sedang Anda kembangkan. Hasil analisis yang baik juga akan menghasilkan data yang berguna bagi perencanaan bisnis Anda kedepannya. Jadi, apakah Anda sudah melakukan analisis pasar untuk bisnis Anda? Bersama kami, tim konsultan.co Anda akan dipandu bagaimana melakukan analisis pasar dan penjualan untuk meningkatkan profit penjualan.

 

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

Kami Hadir di :

  1. Eldora Utama, Graha Bintaro – Tangerang
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen