Pilih Laman

Siapa sih yang tidak tahu Bisnis Toko Kelontong?. Bisnis Kelontong merupakan salah satu jenis usaha yang sejak dulu banyak peminatnya. Tidak sedikit para pelaku bisnis sependapat jika bisnis tersebut sangat menjanjikan. Mengapa para pelaku bisnis berpendapat demikian ? Ya, Karena produk yang mereka jual selalu masyarakat butuhkan setiap hari.

Bisnis Kelontong merupakan salat satu bisnis yang perputaran modalnya paling cepat. Dengan perputaran Modal yang sangat cepat sehingga dapat mereka alokasikan sebagai stok barang-barang sembako. Hal tersebut yang kemudian membuat para pebisnis usaha toko kelontong dapat bertahan lama dalam menjalankan bisnis tersebut.

Banyaknya toko ritel modern saat ini tidak berpengaruh bagi toko kelontong. Sebab,tidak sedikit pelanggan yang memilih untuk membeli kebutuhan pada toko kelontong. Apalagi bagi mereka yang berada pada permukiman yang padat dengan penduduk. Barang yang pelaku bisnis kelontong jual tidak kalah lengkap dengan toko ritel modern. Selain itu harga yang para pelaku bisnis kelontong patok kebanyakan lebih murah daipada toko ritel modern. Itulah sebabnya mengapa pelanggan tetap memilih toko kelontong daripada Toko ritel modern saat ini.

Namun tentunya terdapat strategi yang tepat untuk menjaring konsumen yang menjadi pelanggan tetap agar keuntungan yang mereka peroleh bisa naik terus setiap bulannya.

Untuk tetap mempertahankan usaha ritelnya, para pelaku bisnis harus  terus menemukan inovasi-inovasi serta menentukan strategi yang tetap agar dapat unggul dalam mengahadapi persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis toko kelonotng.

Strategi yang wajib para pelaku bisni toko kelontong miliki yaitu sebagai berikut:

1. Lokasi

 

Pemilihan Lokasi yang straegis merupakan hal yang sangat penting dalam memulai sebuah bisnis toko kelontong. Hal yang perlu anda ketahui dalam pemilihan lokasi yaitu Pertama, lokasi tersebut harus memiliki visibilitas yang baik atau lebih mudah terlihat oleh calon konsumen. Kedua, memiliki akes jalan yang tidak sulit serta mempunyai lahan untuk parkir pelanggan, agar pelanggan yang akan belanja tidak tergesa gesa apabila ada kendaraan yang lainnya melintasi akses jalan tersebut.  Ketiga, lingkungan dari sekitar toko kelontong harus kondusif. Keempat, Dana yang cukup untuk membeli atau menyewa lokasi tersebut.

2. Supplier

Salah satu startegis yang anda lakukan untuk bisnis toko kelontong yaitu mencari supplier dengan harga termurah. Sebab, keuntungan dari bisnis toko kelontong bergantung pada harga modal barang dagangan yang anda peroleh. Jadi,sebelum anda membuat toko kelontong alangkah baiknya anda dapat membangun reasi antara supplier besar untuk mendapatkan harga termurah agar mampu dalam mendapatkan keuntungan yang lebih.

3. Strategis Pemasaran

 

 

Langkah selanjutnya yaitu anda wajib menentukan strategis pemasaran serta memikirkan bagaimana cara memasarkan barang yang ada pada toko kelontong anda. Strategi yang paling efisien untuk bisnis toko kelontong adalah promosi dari mulut ke mulut. Oleh sebab itu anda wajib memberikan informasi bisnis anda melalu kerabat anda hingga para tetagga anda terlebih dahulu. Dengan adanya promosi dari mulut ke mulut maka masyarakat sekitar dapat mengetahui keberadaan bisnis toko kelontong yang anda jalankan. Selain itu, strategis yang dapat anda lakukan yaitu dengan cara memasang spanduk besar pada toko kelontong anda yang bertuliskan , nama toko anda serta produk yang anda jual. Hal tersebut banyak orang yakini akan dapat menarik minat konsumen agar membeli produk pada toko anda.

4. Teknologi Digital

Dalam era seperti sekarang yang semuanya harus menggunakan teknologi digital, toko kelontong harus mengadopsi teknologi digital untuk mendobrak pasaran. Kegunaan teknolohi digital dalam bisnis toko kelontong yaitu Pertama, memudahkan dalam mencatat stok barang keluar serta barang masuk agar lebih akurat. Kedua, sistem kasir akan menjadi lebih efisien sehingga, anda tidak perlu menggunakan nota kertas. Ketiga, pencatatan pelanggan setia yang semakin membaik.

 

Nah, berdasarkan artikel tersebut.  Apakah anda siap untuk membuka bisnis toko kelontong? Apakah anda sudah siap untuk memulai bisnis toko kelontong anda ?. Konsultan.co dapat membantu anda untuk memulai bisnis toko kelontong anda agar omsetnya meningkat serta membantu anda untuk melakukan pencatatan pembukuan loh!.

Hubungi kami untuk proses assessment awal dan konsultasi lebih lanjut.

 

 

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

 

Kami Hadir di :

  1. Premier Estate 2 – Bekasi
  2. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultanco.bisnismanajemen

 

KONTAK KAMI :

Reko Prabowo

081398646177