Pilih Laman

Waduh, Keuangan Bisnisku Lagi Sakit Nih!

 

penyakit bisnis

Pusing memikirkan keuangan bisnis (Ilustrasi : Freepik)

 

Pernahkah bisnis Anda mengalami sakit atau justru sudah parah? Sakit yang bisnis Anda alami ini sudah menjalar dan mempengaruhi seluruh aspek bisnis Anda, sehingga dapat berdampak panjang untuk masa depan bisnis Anda. Namun, pada dasarnya, apakah Anda concern terhadap itu? meluangkan waktu untuk sekedar memeriksa kondisi bisnis Anda lewat laporan keuangan? Sebagian besar jawabannya, belum concern. Jangan biarkan Anda berkutat pada penyakit yang sama, coba kita deteksi 3 penyakit bisnis itu dari laporan keuangan yang belum beres.

 

Deteksi 3 Penyakit Bisnis ini Lewat Laporan Keuangan Anda!

 

fraud laporan keuangan Kelola laporan keuangan (Ilustrasi : Freepik)

 

Banyak kendala yang pasti Anda alami ketika Anda dan tim akunting Anda mengelola laporan keuangan per periode. Mulai dari laporan keuangan yang masih tercampur dengan laporan keuangan perusahaan dan laporan keuangan pribadi, laba bisnis berkurang terus dan otomatis jadinya buntung terus, dan yang paling sering dialami, yaitu fraud pada bisnis.

 

“Hasil survei dan penelitian ACFE Global menunjukkan bahwa setiap tahun rerata 5 persen dari pendapatan organisasi menjadi korban fraud. Dalam situs Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), perusahaan swasta bahkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak terlepas dari risiko fraud” 

 

Human error dan budaya kerja karyawan yang belum bisa disiplin dengan perusahaan yang menjadi penyebab utama fraud pada laporan keuangan , maka setali tiga uang dengan 2 penyakit yang lain. Dua penyakit ini juga sebagian besar karena kesalahan SDM dan sistem laporan keuangan yang masih belum valid dan akurat. Mari kita bedah satu-satu 3 penyakit ini:

 

#1 Fraud (Kecurangan) pada Laporan Keuangan

 

Fraud atau istilah umumnya kecurangan dalam laporan keuangan ini biasanya lebih mengarah ke pengabaian jumlah dan pengungkapan yang disengaja dengan maksud menipu para pemakai laporan keuangan. Kecurangan ini biasanya terjadi ketika sebuah perusahaan melaporkan lebih tinggi dari yang sebenarnya terhadap asset atau pendapatan, atau ketika perusahaan melaporkan lebih rendah dari yang sebenarnya terhadap kewajiban dan beban. Jadi, pada dasarnya kecurangan ini bisa terjadi karena kesalahan SDM dan kebudayaan atau tradisi perusahaan melakukan kecurangan secara berulang.

 

#2 Laba Bisnis Berkurang Terus, Tidak Tahu Larinya Kemana!

 

Waduh! sudah kronis kalau begini. Bagaimana bisa Anda membuat laporan keuangan sederhana untuk bisnis Anda secara tapi Anda sendiri tidak tahu kemana larinya uang dan laba usaha Anda. Penyebabnya bisa jadi karena format laporan keuangan Anda kurang tepat, belum sepenuhnya benar!

 

Pada dasarnya laporan keuangan yang sudah sesuai dengan kaidah akuntansi dapat menunjukkan keseluruhan kondisi usaha Anda loh! Dari laporan tersebut bisa terdeteksi apakah bisnis Anda sedang untung atau buntung, apakah arus kas masuk dan keluar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar atau tidak, kemana larinya uang pada bisnis Anda juga bisa terdeteksi.

 

#3 Keuangan Pribadi dan Perusahaan Tercampur Aduk 

 

Apa dampaknya ketika keuangan pribadi dan perusahaan tidak terpisah dalam format atau rekening tabungan yang berbeda? Yap! sudah dipastikan keuangan Anda akan semakin semrawut dan tidak bisa mengatur pengeluaran dan pendapatan dari usaha. Hasilnya, akan ada saatnya kebutuhan pribadi dan kebutuhan keuangan untuk usaha akan bergantian fungsi pemakaian, kalau sudah terlanjur susah trackingnya. Apakah Anda ingin hal ini terus berlangsung hingga usaha Anda berkembang?

 

Dari ketiga penyakit bisnis akibat laporan keuangan yang belum beres diatas, manakah yang sering Anda alami? atau justru semuanya sering dan selalu Anda alami? Mungkin ini saatnya Anda harus berhenti meratapi itu semua dan bangkit untuk mengatasi masalah itu dengan solusi terbaik dari kami. Cek kondisi kesehatan laporan keuangan bisnis Anda dengan Layanan Crosscheck Laporan Keuangan dari Tim Konsultan kami.

Cek link dibawah ini untuk mendapatkan penawaran khusus dari kami!

 

Baca Juga artikel kami :

 

 

Kami Hadir di :

  1. Pepelegi Indah, Waru – Sidoarjo
  2. Premier Estate, Jatiwarna – Bekasi

 

Website :

  1. konsultanmanajemen.asia
  2. konsultanbisnis.id

 

Instagram :

  1. konsultanco
  2. konsultan.co