KONSULTAN BABY SHOP

TERNAMA, +62, 813 – 9864 – 6177, MEMPERBAIKI PELAYANAN BISNIS BABY SHOP

Pelayanan Bisnis, Memperbaiki Bisnis, Pelayanan Bisnis Terbaik, Pelayanan Baby Shop, Pelayanan Baby Shop Bandung, Pelayanan Baby Shop Sidoarjo

CARA MEMPERBAIKI PELAYANAN DALAM BISNIS

Untuk bisa membuat pelayanan yang bagus dalam bisnis tidaklah mudah. Jika ada satu saja pelanggan yang kecewa dengan pelayanan yang anda diberikan, maka efeknya bisa menjadi besar yaitu membuat pemikiran negatif bahwa pelayanan dalam bisnis anda jelek kepada orang-orang. Jadi sebagai pemilik bisnis, anda harus memberikan kualitas pelayanan yang baik, hal ini bertujuan untuk membuat bisnis anda berkembang. Berikut cara tepat yang harus Anda lakukan :

1. Berikan Pelayanan yang Cepat dan Tanggap

Sebagian besar pelanggan pastinya ingin dilayani dengan cepat dan tanggap. Kebanyakan pelanggan ingin sekali karyawan yang di butuhkan memiliki kinerja yang baik. Tanggap adalah apa yang anda sampaikan harus sesuai dengan yang dimaksudkan oleh pelanggan. Jangan asal cepat tetapi tidak sesuai dengan apa yang dimaksudkan oleh pelanggan. Jika memang terjadi banyak antrian, maka solusinya anda bisa memberikan nomor antrian yang rapi, tempat nyaman dan beberapa hiburan lainnya agar pelanggan tidak bosan saat menunggu antrian.

2.Miliki Call Center

Usaha anda dikatakan berhasil jika mempunyai pelanggan tetap. Pelanggan tetap pada bisnis anda bisa jadi pelangan tersebut membuka bisnis. Agar pelanggan menghubungi bisnis anda terus menerus anda bisa melakukan tukar telepon dengan pelanggan tersebut. Pelanggan yang menghubungi lewat telepon harus diprioritaskan terlebih dahulu, karena pelanggan seperti ini biasanya memiliki urusan yang lebih penting.

3.Mintalah FeedBack dari Pelanggan

Feedback menurut Wikipedia adalah suatu proses dimana sebagian dari out put (keluaran) di loloh balikan ke bagian input (masukan). Feedback merupakan tanggapan yang diberikan oleh seorang karyawan ketika seorang pelanggan sedang menyampaikan pesannya. Dalam arti singkat, feedback dapat dikatakan sebagai tanggapan atau respon terhadap suatu pesan.  

4. Melatih Karyawan

Karyawan adalah salah satu aset perusahaan. Sebagai pemilik perusahaan tentu sangat memahami hal tersebut. Tujuan dari pelatihan karyawan adalah menjaga aset dan keberlangsungan perusahaan anda. Pelatihan karyawan berpeluang besar untuk mencetak karyawan seperti yang anda inginkan. Perilaharalah aset perusahaan anda, jangan sampai anda menyesal di akhir karena tidak menginvestasikan waktu dan uang mereka.  

5. Menepati Janji

Seringkali kita mendengar pepatah janji adalah hutang atau dengan kata lain ketika anda membuat janji dengan pelanggan maka sebisa mungkin harus ditepati. Jika seringkali mengingkari janji akan membuat anda tidak dipercaya oleh pelanggan. Namun apabila tidak bisa menepati janji berusahalah sesegara mungkin untuk meminta maaf dan menjelaskan kepada pelanggan.

6.Dengarkan Keluhan Pelanggan

Dalam menjalankan bisnis, keluhan pelanggan akan selalu ada. Namun bila ditangani dengan tepat, hal ini bisa menjatuhkan bisnis anda. Simak baik – baik dan jangan sesekali memotong pembicaraan pelanggan. Disarankan untuk anda apabila pelanggan berbicara dengan nada tinggi atau emosi, anda harus diam dan dengarkan saja.

7.Menjaga Kesabaran         

Kesabaran memang ada batasnya, tetapi anda tetap harus menghadapi situasi yang menguras kesabaran anda. Jangan sampai anda terpancing emosi sehingga mengeluarkan kata-kata yang kurang pantas untuk didengar. Hal inilah yang nantinya akan memperburuk keadaan menjadi lebih rumit, sehingga membuat nilai pelayanan menjadi buruk.

8.Mengakui kesalahan

Mengakui kesalahan adalah hal yang paling sulit dilakukan karena menyangkut dengan pembelaan diri sendiri. Banyak yang lebih ementingkan harga diri daripada sebuah kejujuran hati. Banyak orang akan membenarkan diri sendiri dulu dan mencoba mencari alasan untuk mengelak atau mengakui dari kesalahan yang dia buat.

9.Menjaga Kesopanan

Sopan santun adalah hal yang penting untuk dipelajari. Sopan santun adalah suatu aturan atau tata cara yang berkembang secara turun menurun dalam suatu budaya di masyarakat yang bisa bermanfaat dalam pergaulan antar sesama manusia sehingga terjalin suatu hubungan yang akrab, saling pengertian dan saling menghormati.

10.Mencari Solusi Tepat

Pelanggan yang melakukan komplain pastinya menginginkan suatu penyelesaian masalah. Komplain yang datang dari pelanggan biasanya datang karena pelanggan merasa ada yang dirugikan atau merasa tidak puas dengan kualitas pelayanan yang anda berikan. Oleh karena itu, anda harus bisa memberikan solusi yang baik kepada pelanggan sehingga kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan baik materil maupun non materil.